Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada 2019, Pelabuhan Kuala Tanjung Ditargetkan Bertaraf Internasional

Kompas.com - 19/01/2018, 08:00 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan pelabuhan Kuala Tanjung di Batu Bara, Sumatera Utara, bisa menjadi pusat kargo internasional dalam waktu setahun setelah beroperasi.

Saat ini pelabuhan tersebut masih dalam pembangunan tahap pertama. Rencananya pembangunan itu akan selesai pada Maret 2018, sehingga pelabuhan sudah mulai bisa digunakan pada April 2018.

"Ya saya pikir kita dalam waktu satu tahun mesti jadi hub internasional," ujarnya saat ditemui di Pelabuhan Belawan, dalam Kunjungan Kerjanya di Medan, Rabu (17/1/2018).

Baca juga : BUMN China Minati Proyek Pelabuhan Kuala Tanjung II

"Kalau di sana (Kuala Tanjung) sudah jadi, yang internasional di sini (Belawan) akan kami pindah. Minimal ada 300.000 Teus. Lalu di sana kapasitasnya saya pikir dalam satu tahun bisa sampai 1 juta Teus,"

Budi menjelaskan bahwa Pelabuhan Kuala Tanjung lebih cocok untuk dijadikan pusat kargo internasional karena memiliki draft atau sisi dermaga yang lebih dalam. Efeknya kapal-kapal besar, yang memuat lebih banyak kargo, bisa masuk dan bersandar.

Pelabuhan Kuala Tanjung juga ditarget menjadi pelabuhan transshipment di Sumatera; yang berarti tempat kargo bisa disimpan sementara untuk kemudian dipindahkan ke kapal lain yang lebih kecil dan dibawa ke tujuan sebenarnya.

Baca juga : Pengelola Optimistis Pelabuhan Kuala Tanjung Diresmikan pada Kuartal I 2018

Selain itu pemerintah juga menyiapkan kawasan ekonomi khusus (KEK) di Sei Mangkei serta jalur kereta api Bandar Tinggi-Kuala Tanjung. Harapannya semua fasilitas tersebut akan menarik investor untuk datang dan berinvestasi.

Adapun KEK di Sei Mangkei telah diresmikan operasionalnya oleh Presiden Joko Widodo sejak 27 Januari 2015. Di dalamnya terdapat bisnis antara lain berupa industri kelapa sawit dan karet; serta industri pendukung seperti logistik, energi, elektronik.

Kompas TV Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara Sumatera Utara sudah mencapai sembilan puluh dua persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com