QR Code akan Jadi Tren Baru Pembayaran

Kompas.com - 19/01/2018, 14:09 WIB
Ilustrasi QR Code Getty Images/iStockphotoIlustrasi QR Code
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memproyeksikan, sistem pembayaran dengan menggunakan QR Code akan menjadi salah satu tren ke depan.

Hal ini karena keamanan, efektifitas dan murahnya implementasi teknologi ini.

Mengutip Kontan.co.id, Jumat (19/1/2018), Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Alat Pembayaran BI Enny Panggabean menuturkan saat ini sudah puluhan pemain baru yang mengajukan izin ke regulator terkait ini.

"Prospek QR Code cukup baik dan kami sedang dalam proses mempersiapkan aturan terkait ini," kata Enny, Kamis (18/1/2018).

Menurut Enny sebelum mengizinkan pemain baru masuk, regulator akan melihat beberapa hal seperti perlindungan konsumen. Selain itu BI juga melihat apakah pemain baru ini sudah memiliki sistem keamanan yang baik.

Ketiga adalah pemain QR Code ini harus memastikan bisa terhubung ke gerbang pembayaran nasional (GPN). Artinya harus memiliki beberapa standar tertentu.

Yang paling penting BI juga memastikan sistem pembayaran ini bisa digunakan dengan aman dan andal.

 

Berita ini diambil dari Kontan.co.id dengan judul: QR Code akan jadi tren baru pembayaran

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X