Jualan Bumbu Dapur, Ngunyen Dang Quang Raih Kekayaan Rp 16 Triliun

Kompas.com - 22/01/2018, 15:14 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama pengusaha Ngunyen Dang Quang tidak asing lagi bagi penduduk Vietnam.

Maklum, produk bumbu dapur yang dihasilkan perusahaan besutannya, Masan Group, disebut-sebut jadi barang wajib untuk kebutuhan rumah tangga warga setempat. Inilah yang membawa pria kelahiran 54 tahun silam ini masuk jajaran orang terkaya di Vietnam.

Mengutip Bloomberg, Jumat (19/1/2018), Masan Group membukukan peningkatan penjualan produk dua kali lipat hanya dalam hitungan enam bulan terakhir. Alhasil, Indeks Miliuner Bloomberg mencatat, per Januari 2018, pemimpin dan pendiri Masan Group ini memiliki total kekayaan sebesar 1,2 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 16 triliun.

Analis Kantar Worldpanel Vietnam, David Anjoubault mengatakan, setidaknya sekitar 95 persen penduduk di Vietnam merupakan pelanggan salah satu produk buatan Masan Group.

"Perusahaan manufaktur lokal seperti Masan memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan para pembeli dan tren gaya hidup di negaranya (Vietnam) dengan pengembangan produk lokal sebagai kunci kesuksesan," ujar Anjoubault.

Dang Quang hampir memegang porsi saham pengendali di perusahaan holding Masan Group dengan total kepemilikan sebesar 49 persen. Sisa saham dimiliki oleh kerabatnya, yakni Ho Hung Anh, yang juga menjabat wakil pemimpin usaha Masan Group.

Sebagai gambaran, Masan Group merupakan produsen aneka kebutuhan dapur, seperti saus sambal, mi instan, saus ikan, sup beras, sosis dan kebutuhan makanan di Vietnam. Saban bulan, perusahaan ini memproduksi 30 juta bungkus mi instan. Tak hanya itu, Masan juga menjadi produsen makanan hewan terbesar di negaranya. (Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang)

 

Berita ini diambil dari Kontan.co.id dengan judul: Lewat bumbu dapur, Ngunyen Dang Quang raih kekayaan US$ 1,2 miliar


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.