Dari KFC ke McDonald, Bagaimanakah Bisnis Rumahan Tersebut Jadi Besar?

Kompas.com - 24/01/2018, 10:00 WIB
Ember wadah ayam goreng KFC yang dilengkapi dengan printer foto portabel. Facebook KFCEmber wadah ayam goreng KFC yang dilengkapi dengan printer foto portabel.
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Membuka bisnis itu tidak selalu harus dimulai dari modal besar. Ada kalanya bisnis yang dulunya kecil bisa berubah menjadi bisnis besar asalkan ulet dalam mengembangkannya. Hal ini telah dibuktikan beberapa bisnis yang ada di Amerika Serikat.

Bisnis yang dulunya dari hobi telah berubah menjadi bisnis yang namanya populer di banyak negara. Bahkan, cabangnya sudah tersebar di mana-mana. Seperti beberapa bisnis rumahan berikut ini yang mungkin sering Anda dengar.

Penasaran? Inilah bisnis rumahan yang sukses jadi bisnis besar.

1. KFC: Bisnis Ayam Goreng yang Jadi Favorit Banyak Orang

Orang biasa menyebutnya dengan nama Kentucky Fried Chicken (KFC). Bisnis makanan yang didirikan Harland Sanders ini berhasil meraup kesuksesan yang besar. Pada awalnya, Sanders hanya memasak ayam goreng untuk dirinya sendiri.

Ia meracik bumbu yang pas untuk menghadirkan cita rasa yang nikmat. Cita rasa ayam yang dimasak Sanders pun semakin nikmat dan gurih dari hari ke hari.

Pada awalnya, Sanders mendirikan usahanya ini di restoran kecil yang berada di dekat stasiun pengisian bahan bakar. Banyak orang yang menyukai olahan ayam goreng buatan Sanders tersebut.

Lambat laun, Sanders berhasil mendapatkan keuntungan yang besar. Inilah yang dijadikannya sebagai modal untuk membangun restoran yang layak.

Restoran Kentucky berpusat di Kentucky, Amerika Serikat. Gubernur Amerika Serikat yang menjabat di kala itu juga memberikan gelar Kolonel Kentucky kepada Harland Sanders.

Sampai saat ini, ada sekitar 600 gerai KFC yang tersebar di seluruh dunia. Jumlah gerai waralaba KFC ini pun akan semakin bertambah.

Pada usianya yang tidak lagi muda, Harland Sanders akhirnya memutuskan untuk menjual bisnis waralaba waralaba miliknya pada tahun 1964.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X