Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri ESDM Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas di Tungkal Ulu

Kompas.com - 24/01/2018, 11:10 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

TUNGKAL ULU, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) di pabrik milik PT Inti Indosawit Subur di Tungkal Ulu, Jambi,  Rabu (24/1/2018).

Menurut Jonan, upaya swasta untuk membangun pembangkit listrik yang tidak menimbulkan polusi akan selalu didukung pemerintah. Walaupun, besaran kapasitas terpasang tidak sebesar pembangkit listrik tenaga batu bara.

"Harapannya ke depan setiap ada pabrik pengolahan CPO akan ada pembangkit listrik yang dibangun," kata Jonan di Tungkal Ulu, Rabu (24/1/2018)

Head of Operation Asian Agri, Bukit Sanjaya dalam pidato sambutannya mengatakan bahwa upaya membangun PLTBg ini sudah dilakukan sejak 2015 sebagai bagian dari zero waste management.

Menurut Bukit Sanjaya, selama ini industri kelapa sawit dipersepsikan sebagai industri yang menyumbang pemanasan global karena minimnya pengolahan limbah sawit.

"Oleh sebab itu, agar industri kelapa sawit berkelanjutan, Asian Agri mengolah limbah cair menjadi energi listrik," kata dia.

Gubernur Jambi Zumi Zola menyambut baik pembangunan PLTBg ini dan berharap sebagian listrik yang dihasilkan bisa diberikan ke masyarakat sekitar pabrik secara gratis.

"Harapan kami ke depan inovasi Asian Agri bisa dikembangkan untuk mewujudkan program Indonesia Terang di Provinsi Jambi," kata dia.

Sebagai informasi, PT Inti Idosawit Subur merupakan anak usaha Asian Agri di Jambi, dengan fokus pada pengolahan sawit. Asian Agri merupakan perusahaan produsen minyak sawit mentah.

Pembangkit listrik tenaga biogas ini berkapasitas 2,2 mega watt (MW). Rencananya, 700 kilowatt dari kapasitas ini akan dipakai sendiri dan sebagian lain akan diberikan ke masyarakat.

Sebagai informasi, Asian Agri sebelumnya telah mengoperasikan enam PLTBg. PLTBg Tungkal Ulu ini menjadi PLTBg ketujuh yang diresmikan sejak 2015.

Asian Agri sendiri menargetkan membangun 20 PLTBg hingga 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+