Asian Agri Investasi 120 Juta Dollar AS Bangun 20 PLTBg

Kompas.com - 24/01/2018, 15:27 WIB
PLTBg Tungkal Ulu di Jambi milik AsianAgri yang diresmikan pada Rabu (24/1/2018) oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Gubernur Jambi Zumi Zola. KOMPAS.com/APRILLIA IKAPLTBg Tungkal Ulu di Jambi milik AsianAgri yang diresmikan pada Rabu (24/1/2018) oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Gubernur Jambi Zumi Zola.
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

TUNGKAL ULU, KOMPAS.com - Asian Agri, perusahaan pengolahan kelapa sawit, menargetkan membangun 20 Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) hingga 2020.

Proyek ini sudah dimulai sejak 2015 dan sudah terbangun enam PLTBg di wilayah Sumatera hingga 2017.  Pembangunannya sepenuhnya menggunakan dana perusahaan. 

Di 2018, Asian Agri menargetkan menyelesaikan 10 PLTBg di setiap pabrik pengolahan minyak sawit mentah (CPO). Pendanaan pembangunan masih sepenuhnya dari dana perusahaan. 

Mengawali 2018, PLTBg ketujuh dibangun di pabrik PT Inti Indosawit Subur di Tungkal Ulu, Jambi. Peresmian PLTBg ini dilakukan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Gubernur Jambi Zumi Zola pada Rabu (24/1/2018).

Baca juga : Menteri ESDM Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas di Tungkal Ulu

Head of Mill Asian Agri, James Sembiring mengatakan, total biaya pembangunan atau investasi satu PLTBg sebesar 6 juta dollar AS atau sekitar Rp 80 miliar.

Dengan demikian berdasarkan hitungan kasar Kompas.com, total biaya membangun 20 PLTBg tersebut mencapai 120 juta dollar AS atau sekitar Rp 1.600 miliar. 

"Investasi sebanyak Rp 80 miliar rupiah tersebut paling banyak untuk instalasi biogas. Satu PLTBg terdiri dari instalasi dan engine (mesin)," kata James.

Dia mengatakan, nilai investasi juga mencakup sinkronisasi jaringan listrik ke PT PLN dengan titik transaksi sekitar 2 kilometer.

Baca juga : Asian Agri Manfaatkan Limbah Industri Sawit Jadi Biogas untuk PLTBG

"Dari kapasitas terpasang 2,2 mega watt kami hanya pakai separuhnya. Sekitar 1,5 mega watt akan kami alirkan ke masyarakat melalui PLN," kata James yang enggan membeberkan skema kerja sama antara Asian Agri dengan PLN.

Rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) oleh Asian Agri di 20 titik di Sumatera hingga 2020. KOMPAS.com/APRILLIA IKA Rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) oleh Asian Agri di 20 titik di Sumatera hingga 2020.

Ajang Pembuktian

Head if Operation Asian Agri Bukit Sanjaya sebelumnya dalam pidato sambutan peresmian PLTBg Tungkal Ulu Jambi ini mengatakan bahwa pembangunan PLTBg ini merupakan ajang pembuktian perusahaan menuju industri sawit berkelanjutan kepada banyak pihak.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X