BSN Janji Bantu Urus Sertifikasi SNI bagi Pelaku UMKM

Kompas.com - 24/01/2018, 16:06 WIB
Ilustrasi SNI KOMPAS.com/BAMBANG PJIlustrasi SNI
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Standarisasi Nasional ( BSN) berjanji membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang hendak mengurus sertifikasi SNI untuk produknya. Ketentuan SNI dinilai dapat meningkatkan daya saing dengan pelaku usaha lain, terlebih peredaran barang impor diprediksi akan semakin banyak.

"Usaha mikro dan kecil yang kemungkinan terkena dampak kebijakan ini, dibantu pemerintah mengurus sertifikasi SNI," kata Kepala Pusat Sistem Penerapan Standar BSN Wahyu Purbowasito dalam konferensi pers di kantor BSN, Jakarta Pusat, Rabu (24/1/2018).

Wahyu mengungkapkan, ada pelaku usaha kecil yang sudah memanfaatkan bantuan dari pemerintah untuk mengurus sertifikasi SNI, dengan produk bernama Omocha Toys. Pelaku usaha yang berbasis di Bogor, Jawa Barat ini dapat menembus pasar retail sesudah mengantongi sertifikasi SNI.

Selain pemilik Omocha Toys, perusahaan lain di luar kategori UMKM seperti PT Sinar Harapan Plastik juga diuntungkan melalui sertifikasi SNI. Wahyu mencatat, dari data terakhir sudah ada 94 pelaku usaha dengan lebih dari 90 merek yang telah mengantongi sertifikasi SNI.

Baca juga : BSN: Mainan Wajib SNI Itu untuk Anak Usia 14 Tahun ke Bawah

Wahyu menjelaskan, pihaknya sebagai lembaga hanya berwenang menetapkan standar. Pelaksana penerapan standar, dalam hal ini SNI, menjadi ranah kementerian teknis terkait dan berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Tertib Niaga dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X