Astra Agro Lestari Perkirakan Harga CPO Tahun 2018 sama dengan 2017

Kompas.com - 25/01/2018, 13:20 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

MALANG, KOMPAS.com - PT Astra Agro Lestari Tbk perusahaan kelapa sawit (AALI) memperkirakan harga minyak kelapa sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) pada 2018 membaik hampir sama dengan harga pada 2017.

Pada 2017, harga CPO mengalami penurunan hingga 20 persen. Rata-rata harga CPO pada 2017 berkisar 2.500 ringgit Malaysia per metrik ton atau Rp 8,75 juta per metrik ton (kurs 1 ringgit Malaysia, Rp 3.500).

"Harusnya harga rata-rata tahun ini sama dengan tahun lalu. Kenapa? Kita lihat aja pada awal tahun ini produksi tidak sebesar yang dikatakan analis," ujar Presiden Direktur Astra Agro Lestari, Santosa dalam Media Gathering di Malang, Rabu (24/1/2018).

Menurut Santosa, harga CPO pada awal tahun 2018 mengalami anomali atau tidak seperti biasanya. Biasanya jika produksi CPO turun maka harga akan mengalami kenaikan. "Akan tetapi ini harga dan produksi sama-sama di bawah," kata dia.

Santosa menambahkan, fenomena seperti tersebut harusnya tidak terjadi. Meski demikian, pihaknya belum mengetahui faktor penyebab dari fenomena tersebut.

"Mestinya enggak seperti ini, Kalau produksi semester II membaik, harga akan susah membaik. Kaau bisa melihat ini (harga) pada produksi semester I selesai," imbuh dia.

Sekadar informasi, pada awal Januari 2018, harga CPO merosot sampai level 2.400 ringgit Malaysia. Namun, pada Rabu (24/1/2018) harga CPO menguat 0,9 persen dibandingkan hari sebelumnya menjadi 2.517 ringgit Malaysia per metrik ton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.