Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bauran Energi Sudah Mencapai 11 Persen, Biomassa Paling Tertinggal

Kompas.com - 26/01/2018, 07:40 WIB
Aprillia Ika

Penulis

TUNGKAL ULU, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan bahwa saat ini bauran energi nasional sudah mencapai 11 persen-12 persen dari target bauran energi nasional sebesar 23 persen di 2025.

Dalam hal ini, pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) untuk panas bumi (geothermal) dan air (midro dan mikro hidro) sudah berkontribusi besar bagi bauran energi ini. Namun, pengembangan EBT dari biomassa masih tertinggal.

Hal itu disampaikan Jonan dalam pidato sambutan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) milik Asian Agri di Tungkal Ulu, Jambi, Rabu (24/1/2018).

"Asian Agri membuat PLTBg ini kami apresiasi. Ini adalah salah satu upaya bangsa untuk mengurangi dampak emisi gas buang di dunia sesuai Kesepakatan Perubahan Iklim Paris," kata Jonan.

Baca juga : Energi Baru Terbarukan Menjadi Kunci Ketahanan Energi Indonesia

Menurut dia, kapasitas terpasang PLTBg Tungkal Ulu tersebut masih kecil hanya 2,2 Mega Watt (MW). Sementara satu PLTU atau PLT gas bisa berkapasitas hingga 1.000 MW.

"Walau kecil namun ini kami dukung. Pemerintah mendukung listrik tanpa polusi," lanjutnya.

Dia juga menambahkan bahwa untuk ketahanan energi nasional, pemerintah mendorong pemanfaatan semua energi primer dari dalam negeri misal batu bara, gas, panas bumi dan air.

"Ini biomassa ketinggalan. Namun Asian Agri sudah bikin tujuh (PLTBg). Saya berharap di kemudian hari setiap pabrik pengolahan sawit dibangun pembangkit listrik tenaga biomassa," ujar Jonan.

Baca juga : Asian Agri Investasi 120 Juta Dollar AS Bangun 20 PLTBg

Dia berharap, separuh dari kapasitas terpasang PLTBg tersebut akan disalurkan ke masyarajat secara gratis sehingga posisi Asian Agri di Jambi juga dekat dengan masyarakat.

Dari hitungan Jonan, jika 1 MW saja dialrikan gratis maka akan ada 2.000 rumah tangga mendapat aliran listrik sebesar 450 watt secara gratis. "Toh kalau dijual ke PLN, (harga listriknya) tidak seberapa," pungkas Jonan.

Percepatan Bauran Energi

Seperti diketahui, Saat ini Indonesia sudah memiliki road map untuk pengembangan energi nasional dengan Kebijakan Energi Nasional yakni Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014 yang menargetkan bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23 persen pada 2025 dan 31 persen pada 2050.

Untuk mempercepat progres bauran energi nasional, Pemerintah Indonesia mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional.

Perpres ini menekankan bahwa paradigma energi harus berkelanjutan dan tidak hanya digunakan untuk ekspor semata.

Baca juga : Kerangka Hukum untuk Mendorong Penggunaan Energi Baru Terbarukan

Selain itu, perpres tersebut juga menekankan perlunya cara-cara inovatif untuk mengembangkan energi baru terbarukan serta perlunya pengembangan energi baru terbarukan secara masif.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com