Bandara Kulon Progo Disiapkan untuk Pemberangkatan Calon Haji

Kompas.com - 27/01/2018, 13:11 WIB
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan dibangun dalam dua tahap.

Pada tahap pertama, Bandara Kulon Progo atau NYIA berikut fasilitas penunjangnya dibangun mulai dari April 2018 hingga 2031.

"Pembangunan tahap pertama untuk mengejar target kapasitas rata-rata 15 juta penumpang per tahun," kata Head of Corporate Communication PT Angkasa Pura I Awaluddin saat ditemui di Bandara Internasional Adisutjipto, Jumat (26/1/2018).

Awaluddin menjelaskan, agar target 15 juta penumpang per tahun bisa tercapai, pihaknya turut membangun area terminal pada pembangunan tahap pertama ini seluas 130.000 meter persegi. Juga dengan landasan pacu atau runway yang memiliki panjang 3.250 meter dengan lebar 60 meter.

Pada saat bersamaan, General Manager Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, mengatakan bahwa keberadaan NYIA dapat mengakomodasi pesawat dari luar negeri, terutama untuk pesawat berbadan lebar (wide body).

Didukung dengan runway yang panjang, maka Bandara Kulon Progo sangat memungkinkan digunakan untuk melayani penerbangan langsung atau direct ke luar negeri.

Saat ini penerbangan langsung rute internasional dari Adisutjipto baru ke Singapura dan Malaysia dengan pesawat yang tidak terlalu besar.

Hal itu terjadi akibat keterbatasan infrastruktur di Adisutjipto, sehingga belum siap untuk melayani penerbangan jarak jauh yang umumnya memakai pesawat berukuran besar.

"(NYIA) nanti bisa untuk berangkat (ibadah) haji dari Yogya langsung menuju Jeddah," tutur Pandu.

Pembangunan New Yogyakarta International Airport tahap kedua dijadwalkan dari tahun 2031 sampai 2041. Terminal yang sudah ada akan diperbesar lagi menjadi 195.000 meter persegi, panjang runway menjadi 3.600 meter, serta target rata-rata penumpang per tahun mencapai 20 juta orang.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.