Lakukan Prinsip Ini agar Tidak Merugi karena Demam Bitcoin

Kompas.com - 28/01/2018, 10:00 WIB
Cryptocurrency on a circuit board Thinkstockphotos.comCryptocurrency on a circuit board
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan, media sosial dihebohkan oleh demam bitcoin dan mata uang digital lain yang tengah naik daun. Banyak kalangan yang mendaku telah mengantongi untung luar biasa karena berinvestasi di mata uang digital tersebut.

Tak pelak cerita dari mulut ke mulut itu berhasil menarik banyak orang untuk ikut memutar uang di bitcoin.

Hanya saja, sebagaimana siklus kehidupan, baru saja pamornya melesat, mendadak keperkasaannya hancur. Harga bitcoin longsor begitu juga uang digital lainnya.

Di media sosial sempat pula beredar cerita viral tentang salah satu investor yang mengaku terancam bangkrut karena harus menanggung kerugian dari penurunan harga mata uang digital ini.

Anda sempat tertarik ingin berinvestasi di bitcoin atau uang digital? Berinvestasi di produk apapun, termasuk uang digital, tidak bisa Anda lakukan hanya karena mengikuti tren atau ajakan teman.

Berbeda dengan menabung di mana risiko kehilangan modal relatif kecil, berinvestasi menuntut kesiapan yang lebih matang.

Ada beberapa prinsip investasi yang perlu Anda pahami sebelum memutuskan untuk menempatkan dana pada produk apapun itu. Berikut ini penjelasannya seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id:

1. Ketahui profil risiko

Profil risiko adalah tingkat toleransi Anda terhadap fluktuasi kenaikan dan penurunan harga dalam portofolio investasi Anda.

Seberapa nyaman Anda bila uang yang Anda tempatkan di sebuah produk, menurun nilainya sampai 80 persen? Berapa tingkat toleransi Anda terhadap penurunan aset? Apakah mengalami penurunan nilai 20 persen sudah membuat Anda susah tidur saat malam?

Anda bisa mengetahui profil risiko memanfaatkan portal-portal di internet. Misalnya di Kontan.co.id, portal reksadana atau website manajer investasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X