Tiga Akses Disiapkan Menuju Bandara Kulon Progo - Kompas.com

Tiga Akses Disiapkan Menuju Bandara Kulon Progo

Kompas.com - 29/01/2018, 05:27 WIB
Bupati Kulon Progo Hasto WardoyoKOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menyebut ada tiga akses yang disiapkan untuk menuju bandara baru yang menggantikan Bandara Internasional Adisutjipto di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yaitu New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Akses tersebut adalah jalan nasional yang ada saat ini, jalur lingkar selatan (JLS) yang menghubungkan sejumlah kabupaten/kota, dan kereta api.

"Untuk jalan nasionalnya disiapkan dari yang tadinya empat jalur akan dijadikan enam jalur," kata Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo saat ditemui Kompas.com di Kota Yogyakarta, Jumat (26/1/2018).

Hasto menjelaskan, untuk JLS akan membentang dari Pacitan, Imogiri, Wonosari, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Purworejo, sampai ke Kebumen dan Cilacap. Jalan ini dinilai dapat memudahkan waktu tempuh calon penumpang ke NYIA karena jalannya hanya lurus melintasi sepanjang tepi laut di selatan Pulau Jawa.

Baca juga: AP I Kucurkan Rp 4,1 Triliun untuk Bebaskan Lahan Bandara Kulon Progo

Dia menargetkan, dengan keberadaan JLS, waktu tempuh dari Pacitan sampai NYIA sekitar satu setengah jam perjalanan. Bila ingin lebih cepat lagi, ada akses berikutnya yaitu kereta api Prambanan Ekspres.

"Dari stasiun yang paling dekat itu Stasiun Kedundang, sampai ke airport kira-kira empat kilometer, nanti akan dibuat jalur sampai ke airport," tutur Hasto.

PT Angkasa Pura I menargetkan NYIA mulai beroperasi pada April 2019 mendatang.

Nantinya, sebagian besar kegiatan penerbangan komersial di Yogyakarta akan berpusat di NYIA. Sementara Bandara Internasional Adisutjipto hanya melayani penerbangan komersial dalam kapasitas terbatas karena harus berbagi dengan TNI Angkatan Udara sebagai pemilik lahan dan ruang udara wilayah Adisutjipto.

Kompas TV Puluhan warga Kulon Progo yang mendukung pembangunan New Yogyakarta International Airport menggelar unjuk rasa di depan kantor proyek Angkasa Pura.


EditorErlangga Djumena

Close Ads X