Kompas.com - 29/01/2018, 14:47 WIB
Para perwakilan Sopir Taksi Online memasuki Gedung Cipta Kantor Kemenhub Jakarta untuk menemui Menhub Budi Karya Sumadi KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIPara perwakilan Sopir Taksi Online memasuki Gedung Cipta Kantor Kemenhub Jakarta untuk menemui Menhub Budi Karya Sumadi
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Perwakilan pendemo sopir taksi online yang tergabung dalam Aliansi Driver Online Nasional (Aliando) melakukan pertemuan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (29/1/2018)

Sebanyak 15 orang perwakilan sopir taksi online akan menuntut Menhub untuk mencabut peraturan taksi online.

Terpantau, pada pukul 13.30 WIB, para perwakilan tersebut memasuki Gedung Cipta Kantor Kementerian Perhubungan.

Sebelum menemui Menhub, sempat terjadi perdebatan antara perwakilan sopir taksi online dengan petugas keamanan Kemenhub. Perdebatan ini mengenai jumlah perwakilan sopir yang akan menemui Menhub.

Baca juga : Meskipun Sudah Bertemu Menhub, Sopir Taksi Online Tetap Tolak PM 108

Para perwakilan sopir mengklaim bahwa jumlah yang diperbolehkan menemui Menhub sebanyak 20 orang.

"Minggu lalu Pak Menteri bilang 20 orang perwakilan boleh masuk," ujar Baja, salah satu kordinator demo taksi online.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, petugas keamanan Kemenhub merespon bahwa perwakilan yang dapat menemui Menhub tidak lebih dari 15 orang.

"Wah saya enggak tahu, enggak usah diungkit yang kemarin. Pak Menteri juga minta enggak boleh lebih dari 15," kata petugas keamanan.

Namun, akhirnya perwakilan sopir taksi online menyetujui permintaan Menhub dan sebanyak 15 orang yang akan menemui Menhub.

Baca juga : Menhub Tegaskan Aturan Baru Taksi Online Tetap Berlaku pada Februari

Sebelumnya, pengemudi taksi online yang berunjuk rasa menolak Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 108 mulai memadati area di depan Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Massa unjuk rasa tiba di depan Gedung Kemenhub sekitar pukul 12.00 WIB. Sebagian besar massa berjalan dari Lapangan IRTI di Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Gedung Kemenhub di Jalan Medan Merdeka Barat.

Di sana, perwakilan massa dari Aliansi Nasional Driver Online (Aliando) melakukan orasi dari atas mobil komando.

Kompas TV Sejumlah sopir taksi "online" atau daring berencana menggelar aksi unjuk rasa mengkritisi sejumlah poin dalam Peraturan Menteri 108 tahun 2017.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.