Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu di Natuna Siap Beroperasi

Kompas.com - 29/01/2018, 16:15 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

NATUNA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hari ini, Senin (29/1/2018) meninjau kesiapan fasilitas sentra kelautan dan perikanan terpadu (SKPT) di Selat Lampa, Natuna, Kepulauan Riau.

Dari pantauan Kompas.com, Susi bertolak dari Bunguran Timur menggunakan Sea Raider dan tiba di SKPT Selat Lampa pada menjelang pukul 12 siang. Dia pun beristirahat sejenak serta makan siang di kantor administrasi SKPT, sebelum berkeliling meninjau fasilitas di sana.

Fasilitas yang ditinjau antara lain berupa cold storage yang dioperasikan Perum Perikanan Indonesia (Perindo) dan tempat pelelangan ikan yang berada tepat di depan kantor administrasi SKPT Selat Lampa.

"Saya pikir SKPT ini sudah siap, tinggal beres-beres memperbanyak nelayan kemudian ada presiden ke sini meresmikan," ujarnya saat bincang dengan awak media, Senin (29/1/2018).

Saat ini kapasitas cold storage untuk membekukan ikan sebesar 200 ton dan dibagi dalam dua ruangan. Kapasitas tersebut rencananya akan ditambah 1.000 ton lagi, dengan mendirikan penyimpanan serupa di lahan samping cold storage lama.

"Sekarang baru Perindo, nanti akan bangun yang 1.000 ton untuk kami sewakan. Keinginan kita di sini pembeli ikan lebih banyak, bukan cuma Perindo," imbuh Susi.

Selain mengoperasikan cold storage, Perindo juga membeli ikan hasil tangkapan nelayan untuk diekspor ke Singapura atau disalurkan ke pembeli di pulau lain, seperti Tanjung Pinang dan Kalimantan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com