Bupati Halmahera Barat Ajak Investor Korea Selatan Bangun Tiga Sektor Industri

Kompas.com - 31/01/2018, 12:10 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

TERNATE, KOMPAS.com - Pemda Halmahera Barat, Maluku Utara menggandeng investor asal Korea Selatan untuk mengembangkan industri peternakan, perikanan dan pertanian.

Bupati Halbar Danny Missy mengatakan, beberapa investor asal negeri ginseng tersebut, termasuk perusahaan Samsung bersedia menginvestasikan modalnya di Halmahera Barat.

"Dalam waktu dekat mereka akan ke Halmahera Barat untuk melakukan MoU dengan kami," kata Danny, Selasa (30/1/2018).

Industri yang akan dikembangkan nanti adalah industri yang terintegrasi dari hulu sampai hilir, sebagai contoh yaitu industri peternakan sapi.

“Jadi tidak hanya mengejar target kuantitatif namun sampai ke skala eksport daging sapi. Karena Halmahera Barat akan dapat bantuan bibit sapi dari Australia yang didatangkan langsung dari Australia sebanyak 500 ekor, oleh karena itu kita akan fokus kelola peternakan sapi," ujarnya.

Selain peternakan sapi, Pemda Halmahera Barat juga akan mengembangkan budidaya sayur koll. Sementara di bidang perikanan akan dikembangkan budidaya udang faname dan ikan.

Langkah persiapan menjemput program tersebut kata Danny sudah diantisipasi Pemda Halmahera Barat dengan menyiapkan lahan 10 hektar untuk peternakan sapi dan lahan lima hektar untuk budidaya udang faname dan ikan.

"Untuk ayam petelur, kita masih lihat daerah mana yang cocok," kata Danny.

Secara geografis lanjut Danny, Halbar memiliki potensi untuk mengembangkan industri pertanian, perikanan dan peternakan.

"Di Korea Selatan, suhu disana mencapai minus 18 derajat celsius, tapi sayur koll, tomat tumbuh subur. Bahkan bobot sapi di pusat peternakan sapi di Korea, beratnya bisa mencapai satu ton, ini sungguh luar biasa, di Indonesia berat badan sapi paling 80 sampai 100 kg," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.