Mendag Minta Dinas Perdagangan Seleksi UKM yang Berpotensi Masuk "Marketplace"

Kompas.com - 02/02/2018, 15:15 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat Rapat Kerja Kementerian Perdagangan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2018). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAMenteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat Rapat Kerja Kementerian Perdagangan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2018).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta semua jajaran di bawahnya, terutama Dinas Perdagangan di daerah, untuk membantu dan mendampingi usaha kecil menengah (UKM).

Nantinya UKM yang memenuhi ketentuan akan diseleksi dan didorong untuk masuk ke dalam marketplace e-commerce dalam rangka mengatasi maraknya produk impor.

"Kami minta seluruh kepala dinas di provinsi untuk membantu menyeleksi dan kami akan terlibat langsung untuk melakukan itu," kata Enggar saat Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2018 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2018).

Enggar menjelaskan, karakteristik UKM yang didorong masuk ke marketplace adalah yang punya kontinuitas dalam berproduksi serta memiliki kualitas terhadap produknya.

Dia juga akan menemui sejumlah marketplace besar di Indonesia untuk mendukung pemasaran produk-produk UKM untuk bersaing di pasar global.

Selama ini marketplace besar di Indonesia disebut Enggar masih menjadikan Indonesia sebagai market dari produk-produk luar negeri. Sehingga, mulai sekarang marketplace harus dimanfaatkan untuk memasarkan produk-produk Tanah Air.

"Negara akan membantu sepenuhnya berbagai hal yang ada untuk membantu UKM yang ada saat ini bisa diekspor ke luar," tutur Enggar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Enggar berencana mengundang semua pelaku e-commerce, khususnya marketplace, untuk membicarakan tentang porsi bagi produk dalam negeri pada Maret 2018 mendatang. Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) juga akan diajak untuk mendiskusikan hal tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.