AP II Bakal Revitalisasi Terminal 1 dan 2 Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 05/02/2018, 12:13 WIB
Petugas airport helper sedang membawa barang penumpang dengan troli di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/10/2017). Jasa airport helper diberikan bagi penumpang secara cuma-cuma dan petugas dilarang menerima uang tip dari penumpang. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Petugas airport helper sedang membawa barang penumpang dengan troli di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/10/2017). Jasa airport helper diberikan bagi penumpang secara cuma-cuma dan petugas dilarang menerima uang tip dari penumpang.

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) menargetkan peningkatan fasilitas atau revitalisasi Terminal I dan II Bandara Soekarno-Hatta akan dikerjakan pada Kuartal IV tahun 2018.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, revitalisasi terminal tersebut masih menunggu proses perpindahan penerbangan internasional dari terminal 2 ke Terminal 3.

Menurut dia, nantinya revitalisasi Terminal tersebut dilakukan secara bertahap. "Tahun ini setelah penerbangan internasional dipindahkan dari Terminal 2 akan dilakukan revitalisasi. Kami harapkan Kuartal IV program revitalisasi sudah mulai, di samping Terminal 1 juga dilakukan revitalisasi," kata dia saat ditemui di Kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (5/2/2018).

Sementara, Direktur Teknik dan Operasi Angkas Pura II, Djoko Murjatmodjo menerangkan, revitalisasi yang dilakukan salah satunya memperbanyak ruang tunggu penumpang.

Baca juga : Mei 2018, Semua Penerbangan Internasional di Bandara Soetta Pindah ke Terminal 3

Sehingga, dengan banyaknya ruang tunggu otomatis dapat menampung penumpang lebih banyak.

"Nanti juga bisa boarding di mana saja. Dan satu Terminal kapasitasnya bisa mencapai 18 juta penumpang. Kalau nilai proyeknya satu terminal bisa mencapai Rp 1 triliun," jelas dia.

Djoko juga memastikan revitalisasi Terminal tersebut tidak akan mengganggu operasional penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.  "Operasional enggak berhenti," kata dia.

Sebagai informasi, saat ini kapasitas Terminal 1 dan 2 masing-masing bisa menampung hingga 10 juta penumpang. Angkasa Pura II mencatat jumlah penumpang pada tahun 2017 mencapai 63 juta penumpang.



EditorErlangga Djumena

Close Ads X