AP II: Pekerjaan Pembangunan Rel Kereta Bandara oleh PT KAI yang Kontraktornya Waskita Karya - Kompas.com

AP II: Pekerjaan Pembangunan Rel Kereta Bandara oleh PT KAI yang Kontraktornya Waskita Karya

Kompas.com - 06/02/2018, 10:01 WIB
Kondisi terkini lokasi ambrolnya tembok Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (6/2/2018).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Kondisi terkini lokasi ambrolnya tembok Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (6/2/2018).

TANGERANG, KOMPAS.com - Terowongan yang tanahnya mengalami longsor di Jalan Perimeter Selatan, Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (5/2/2018) sore dibuat dalam rangka mengakomodasi layanan kereta Bandara Soekarno-Hatta. Jalur di Perimeter Selatan ada yang sebagian digunakan untuk rel, sehingga jalur untuk kendaraan umum dialihkan melalui terowongan tersebut.

"Ini pekerjaan pembangunan rel kereta bandara oleh PT KAI (Kereta Api Indonesia) yang kontraktornya Waskita Karya," kata Vice President Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (6/2/2018) pagi.

Pembangunan terowongan itu sudah disiapkan sejak lama, namun pekerjaan semakin digencarkan beberapa pekan menjelang operasional KA bandara Desember 2017 lalu. Saat itu, operasional KA bandara masih sebatas uji coba hingga layanan tersebut beroperasi penuh pada Januari 2018.

Terowongan dibuat dengan dua jalur, baik yang mengarah ke luar maupun yang menuju ke area Bandara Soekarno-Hatta. Tepat di atas terowongan itu terpasang rel serta instalasi kelistrikan KA bandara sehingga ketika tanah di sana longsor kereta belum bisa dioperasikan atas alasan keselamatan.

Baca juga: GMF Tanggung Semua Biaya Perawatan Korban Longsor di Bandara Soetta

Kompas.com telah menghubungi Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Choliq hingga Sekretaris Perusahaan Waskita Karya Shastia Hadiarti. Choliq tidak merespons saat dihubungi meski indikator WhatsApp miliknya sedang online, sementara Shastia menjanjikan pihaknya akan memberi penjelasan melalui Kepala Bagian Humas bernama Poppy.

Kompas TV Dua orang korban longsor di underpass Jalan Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta akhirnya berhasil dievakuasi pada Selasa (6/2) dini hari.


EditorErlangga Djumena
Komentar
Close Ads X