Bursa Saham AS Rontok, Kekayaan 500 Miliarder Tergerus Rp 1.539 Triliun

Kompas.com - 06/02/2018, 11:40 WIB
|
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham AS melemah tajam pada perdagangan Senin (5/2/2018) waktu setempat atau Selasa (6/2/2018) WIB. Ini membuat kekayaan 500 orang paling kaya di dunia ikut tergerus.

Bloomberg mewartakan, total kekayaan 500 orang yang tergerus akibat pelemahan indeks saham AS mencapai 114 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.539 triliun (kurs Rp 13.500 per dollar AS). Anjloknya indeks saham disebabkan hilangnya optimisme terkait pemangkasan pajak pada Januari 2018 lalu dan digantikan oleh kekhawatiran mengenai inflasi.

Pimpinan dan pendiri Berkshire Hathaway Inc sekaligus orang terkaya ketiga di dunia Warren Buffett terpukul paling keras. Kekayaan Buffett melayang 5,1 miliar dollar AS menurut Bloomberg Billionaires Index.

Berkshire Hathaway merupakan pemegang saham terbesar bank besar AS Wells Fargo. Saham Wells Fargo ambrol 9,2 persen, terbesar dalam indeks saham S&P 500.

Baca juga: Rapper 50 Cent Kini Jadi Miliarder Bitcoin

Bloomberg Billionaires Index melaporkan, ada 18 miliarder yang kehilangan kekayaan lebih dari 1 miliar dollar AS di hari itu. Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg, kehilangan kekayaan sebesar 3,6 miliar dollar AS.

Orang terkaya di dunia dan CEO Amazon Inc Jeff Bezos pun tak bisa menghindar dari petaka tersebut. Kekayaannya merosot 3,3 miliar dollar AS menjadi 116,4 miliar dollar AS lantaran saham Amazon melemah 2,8 persen.

Sementara itu, duo pendiri dan pimpinan Alphabet Inc Larry Page dan Sergey Brin masing-masing kehilangan kekayaan sebesar 2,3 miliar dollar AS.

Merosotnya kekayaan para miliarder dunia ini terjadi sejak Jumat (2/2/2018) lalu. Hari itu, total kekayaan 500 miliarder dunia hilang 68,5 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.