Harga Minyak Mentah Indonesia Januari Naik Jadi 65,59 Dollar AS

Kompas.com - 06/02/2018, 13:09 WIB
Ilustrasi: Drum minyakThinkstockphotos.com Ilustrasi: Drum minyak

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP) pada Januari 2018 mengalami kenaikan menjadi 65,59 dollar AS per barrel dibandingkan Desember 2017 sebesar 60,90 dollar AS per barrel.

Tim harga minyak Indonesia Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam situs resmi ESDM, Selasa (6/2/2018), menyebut, peningkatan harga ICP mengikuti perkembangan harga rata-rata minyak mentah utama di pasar internasional pada bulan Januari 2018.

Adapun harga minyak yang menjadi indikator ICP adalah Dated Brent yang naik menjadi 69,18 dollar AS per barrel,  Brent (ICE) 69,08 dollar AS, WTI (Nymex) 63,67 dollar AS, dan Basket OPEC 66,88.

Adapun kenaikan harga minyak mentah dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain turunnya produksi minyak mentah baik OPEC maupun non OPEC, proyeksi permintaan minyak mentah global 2018 yang meningkat, melemahnya nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia khususnya euro, turunnya jumlah rig di Amerika Serikat, meningkatnya permintaan heating oil di Amerika Serikat akibat musim dingin hingga kondisi geopolitik Timur Tengah dan Afrika yang masih bergejolak.

Baca juga: BPS Minta Pemerintah Waspadai Harga Minyak, Mengapa?

"Untuk kawasan Asia Pasifik, peningkatan harga minyak mentah juga dipengaruhi antara lain, meningkatnya permintaan minyak di Vietnam bersamaan dengan menurunnya suplai minyak di negara tersebut, juga meningkatnya crude oil throughput pada refinery di Korea Selatan, Taiwan, dan China serta terjadinya ledakan pada gas oil production unit yang memproduksi 200.000 bph di Taiwan," sebutnya.



EditorErlangga Djumena

Close Ads X