Startup Ini Kembangkan Aplikasi Asisten Pribadi Virtual untuk Milenial

Kompas.com - 06/02/2018, 19:00 WIB
Startup Ini Kembangkan Aplikasi Asisten Pribadi untuk Milenial KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTOStartup Ini Kembangkan Aplikasi Asisten Pribadi untuk Milenial
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Berkembanganya arus teknologi dan tingginya penggunaan internet serta ponsel di Indonesia memberikan peluang besar bagi pelaku usaha industri digital.

Tak ketinggalan fenomena berkembangnya startup atau perusahaan rintisan yang memberikan solusi dan kemudahan melalui digital.

Di Indonesia sendiri ada beberapa startup yang yang sudah menjadi perbincangan internasional, yakni Gojek Indonesia, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak karena masuk kedalam kategori startup unicorn dengan valuasi mencapai 1 miliar dollar AS.

Beberapa startup yang telah masuk kedalam kategori startup unicorn tersebut mampu bersaing secara global karena berorientasi kepada kebutuhan konsumen yang dimulai dari inovasi.

Baca juga : Asing Banyak Suntik Uang di Startup Lokal, Mungkinkah Dibatasi?

Bahkan, saat ini ada salah satu startup lokal yang tengah mengembangkan aplikasi ponsel pintar yang bisa menjadi asisten pribadi secara virtual.

PT Sinergi Digital Teknologi, tengah mengembangkan aplikasi virtual asisten yang layaknya mampu menjadi seorang asisten pribadi di dunia nyata bernama Lenna.

Partnership Manager, PT Sinergi Digital Teknologi Mohammad Nordhani mengungkapkan, aplikasi tersebut mulai dikembangkan pada September 2017, dan baru rilis resmi pada Januari 2018 lalu.

Nordhani mengatakan, layanan Lenna yakni asisten virtual yang berbasis voice command atau perintah suara.

Baca juga : Menristekdikti Bakal Pangkas Regulasi Penghambat Startup

"Kami bisa dibilang dari sekian banyak virtual asisten di indonesia kami yang pertama untuk menggunakan voice command. Kalau yang lain mungkin pakainya teks atau chatbot, kalau kami pakai voice command," ujarnya saat ditemui di acara National Startup Summit 2018 di ICE, Serpong, Selasa (6/2/2018).

Adapun dari sisi pelayanan, saat ini Lenna mampu menjadi asisten pribadi yang bisa melayani pembelian berbagai hal, mulai dari pembelian pulsa, pembayaran iuran BPJS Keshetan, hingga tiket nonton bioskop sekalipun.

"Target pasar kami menyasar atau marketnya lebih menuju generasi millenial. Tapi kami lebih menjual experience-nya sih, bahwa memang kalau lagi repot atau urgent tidak perlu repot ketik-ketik bisa langsung bicara aja," paparnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X