Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2018, Bank Mandiri Bidik Kredit Sektor Manufaktur

Kompas.com - 07/02/2018, 20:02 WIB
Pramdia Arhando Julianto,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS. com - Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pihaknya akan meningkatkan pada penyaluran kredit sektor manufaktur.

Menurut dia, selama ini kredit sektor manufaktur masih kalah dengan sektor infrastruktur.

"Kalau kami lihat di Mandiri, manufaktur belum jadi primadona. Infrastruktur 21,9 persen, kedua perkebunan sawit, mineral, batu bara, baru ke consumer goods seperti health care," ujar Kartika usai acara Mandiri Investment Forum di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Dia menyebutkan, sektor manufaktur tahun ini memiliki peluang yang besar untuk lebih berkembang, sebab perbaikan kondisi ekonomi juga mendorong daya beli masyarakat.  Hingga saat ini sebutnya, penyaluran kredit untuk sektor tersebut masih sangat sedikit.

Baca juga : Bank Mandiri Cetak Laba Bersih Rp 20,6 Triliun

"Masih belum besar. Karena mayoritas masih di infrastruktur pertumbuhannya. Mungkin kalau pun naik, 10 persen sampai 20 persen. Masih belum dominan. Itu tantangannya emang di manufaktur," kata dia.

Selain mendorong kredit sektor manufaktur, pihaknya juga akan mendorong penyaluran kredit pada sektor-sektor yang akan memberikan kontribusi positif dan produktif.

Mulai dari perkebunan, pertambangan maupun perumahan. "Itu kami dorong supaya daya beli masyarakat untuk membeli kendaraan, rumah itu bisa didukung oleh kredit perbankan," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com