Gaji PNS akan Dipotong Zakat, Susi Balas Twitter Fadli Zon, 5 Berita Populer Ekonomi

Kompas.com - 08/02/2018, 07:00 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menjadi pembicara di acara Mandiri Investment Forum di Jakarta, Rabu (7/2/2018).KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menjadi pembicara di acara Mandiri Investment Forum di Jakarta, Rabu (7/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Potensi dana zakat yang sangat besar, hingga Rp 200 triliun, membuat pemerintah mempertimbangkan penghimpunan dana zakat ini secara lebih terkoordinir.

Pasalnya, penghimpunan keuangan sosial syariah di Indonesia masih belum belum optimal meskipun ada potensi yang cukup besar.

Wacana pemotongan gaji PNS untuk dana zakat pun meluas. Berbagai pihak kemudian memberikan tanggapan secara berbeda. Terakhir, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan jika potongan dana zakat pada PNS hanyalah wacana semata.

Baca juga : Wapres JK Sebut Pungutan Gaji PNS untuk Zakat Sekadar Wacana

Selain soal dana zakat, pembaca kanal ekonomi Kompas.com juga mencermati pernyataan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon di Twitter-nya soal pencapaian Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang fokus pada sanksi untuk illegal fishing berupa penenggelaman kapal.

Pendapatnya itu disampaikan melalui akun Twitter Fadli, @fadlizon pada Rabu (7/2/2018).

Berikut lima berita populer di kanal ekonomi Kompas.com pada Rabu (7/2/2018) yang bisa Anda baca kembali pagi ini.

1. Gaji PNS Mau Dipotong untuk Zakat, Apa Tanggapan Sri Mulyani?

Adanya wacana pemotongan gaji Pegawai Negeri Sipil ( PNS) sebesar 2,5 persen untuk zakat tengah menjadi pembahasan pemerintah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, saat ini pihaknya telah mendapatkan laporan terkait wacana dari Kementerian Agama (Kemenag) yang ingin memotong gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) sebesar 2,5 persen untuk zakat.

Sri Mulyani mengatakan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bisa menjadi lembaga yang menghimpun dana zakat yang berasal dari gaji PNS.

Baca juga : Gaji PNS Mau Dipotong untuk Zakat, Apa Tanggapan Sri Mulyani?

2. Fadli Zon Sebut Penenggelaman Kapal Bukan Ukuran Keberhasilan, Ini Komentar Susi

Konteks Fadli berkomentar di Twitter-nya dilakukan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-10 Partai Gerindra. Dari belasan cuitan yang diunggah ke linimassa, sebagian besar berisi tentang pandangan Fadli selaku kader Partai Gerindra terhadap kinerja pemerintah selama ini.

Cuitan Fadli yang meragukan keberhasilan KKP melalui sanksi penenggelaman kapal menuai reaksi dari warganet. Bahkan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sendiri membalas cuitan Fadli.

Halaman:



Close Ads X