Skytrax: Citilink Maskapai Terbaik Pertama di Asia untuk "Low Cost Carrier"

Kompas.com - 08/02/2018, 13:42 WIB
Lembaga pemeringkat penerbangan global asal Inggris, Skytrax, memberikan 4-Star Airline untuk Citilink pada acara Singapore Airshow 2018 di Changi Exhibition Center, Singapura, Kamis (8/2/2018). Citilink menjadi maskapai berbiaya rendah (low cost carrier) pertama yang meraih peringkat 4-Star Airline. KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA Lembaga pemeringkat penerbangan global asal Inggris, Skytrax, memberikan 4-Star Airline untuk Citilink pada acara Singapore Airshow 2018 di Changi Exhibition Center, Singapura, Kamis (8/2/2018). Citilink menjadi maskapai berbiaya rendah (low cost carrier) pertama yang meraih peringkat 4-Star Airline.

SINGAPURA, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat penerbangan global independen asal Inggris, Skytrax, memberikan predikat 4-Star Airline bagi Citilink untuk kategori maskapai penerbangan berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC).

Predikat itu merupakan yang tertinggi untuk kelas penerbangan berbiaya rendah versi Skytrax dan baru saja didapat oleh Citilink setelah sekian lama beroperasi di Indonesia.

"Citilink merupakan LCC pertama di Asia yang mendapatkan sertifikasi tersebut," kata CEO Skytrax Edward Plaisted saat menyerahkan penghargaan itu dalam Singapore Airshow 2018 di Changi Exhibition Center, Kamis (8/2/2018).

Untuk tataran global, peringkat 4-Star Airline bagi kelas LCC turut diperoleh maskapai Norwegian Air serta EasyJet dari Inggris.

Baca juga : Garuda Indonesia Peringkat 5 Star Airline dari Skytrax, Citilink 4-Star Airline

 

Dengan didapatnya peringkat tersebut, maka Citilink kini bisa dilihat setara dengan dua maskapai tersebut, baik dari sisi kualitas layanan hingga aspek keselamatannya.

Direktur Utama Citilink Juliandra mengungkapkan, pihaknya sudah sejak lama menargetkan untuk meraih peringkat 4-Star Airline.

Penilaian oleh Skytrax untuk memenuhi standar sebagai 4-Star Airline juga telah berlangsung sejak tahun 2014 lalu, hingga akhirnya di awal 2018 semua standar dan ketentuan telah terpenuhi.

"Ini sangat penting karena akan jadi salah satu bagian promosi kami untuk menambah jumlah penumpang dan pelanggan kami," tutur Juliandra.

Baca juga : Menu Baru Citilink, Ayam Tangkap Aceh, Ikan Arsik Medan, hingga Nasi Campur Bali

Adapun sertifikasi maskapai dilaksanakan melalui proses “Skytrax Audit” dengan poin-poin penilaian detail. 

Penilaian meliputi seluruh aspek pelayanan, mulai dari pre-flight, in-flight dan post-flight seperti kualitas pelayanan penumpang di bandara, kualitas ruang tunggu, kenyamanan kabin, sajian dalam pesawat (in-flight meal), kualitas hiburan dalam pesawat (in-flight entertainment), hingga layanan oleh awak kabin. 

Kompas TV Pramugari sejumlah maskapai penerbangan yang mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar sudah mulai menggunakan hijab.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X