Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citilink Akan Buka Rute Internasional dalam Waktu Dekat

Kompas.com - 08/02/2018, 15:00 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Anak usaha Garuda Indonesia, Citilink, dalam waktu dekat akan membuka rute penerbangan internasional sebagai bentuk ekspansi bisnisnya, dari skala domestik menjadi regional.

Pembukaan rute internasional itu rencananya akan terlaksana pada kuartal II tahun 2018.

"Kami akan mulai dengan Penang (Malaysia), Bangkok (Thailand), dan kemungkinan kami juga akan terbang ke regional lain di Singapura," kata Direktur Utama Citilink Juliandra saat ditemui di Singapore Airshow 2018 di Changi Exhibition Center, Kamis (8/2/2018).

Juliandra menjelaskan, pihaknya dipastikan memulai rute internasional tahun ini didasari sejumlah pertimbangan.

Baca juga : Skytrax: Citilink Maskapai Terbaik Pertama di Asia untuk Low Cost Carrier

 

Salah satu yang utama adalah predikat 4-Star Airline yang didapat Citilink dari lembaga pemeringkat penerbangan global asal Inggris, Skytrax, yang merupakan capaian tertinggi untuk kategori maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC).

Selain itu, Citilink juga akan menambah frekuensi penerbangan untuk rute domestik. Upaya-upaya itu sejalan dengan target pertumbuhan penumpang Citilink tahun 2018 yang lebih tinggi dibanding tahun 2017.

"Target tahun 2017 12 juta (penumpang) tapi tercapai 12,5 juta. Tahun ini, kami punya target 15,3 juta penumpang," tutur Juliandra.

Adapun saat ini, Citilink baru memiliki rute domestik untuk penerbangan reguler. Citilink juga sudah ada penerbangan internasional, tetapi baru untuk pesawat carter atau borongan dengan salah satu rutenya ke Jeddah di Arab Saudi.

Baca juga : Pramugari Citilink Sudah Pakai Jilbab sebelum Imbauan Bupati Aceh Besar Terbit

Dari data Citilink tahun 2017, kontribusi pesawat carter terhitung sebesar 10 persen hingga 20 persen dari total pendapatan tahunan mereka.

Melalui data tersebut, Juliandra juga membuka kemungkinan pesawat yang carter itu nantinya bisa dijadikan penerbangan reguler dengan rute yang tetap.

Kompas TV Pramugari sejumlah maskapai penerbangan yang mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar sudah mulai menggunakan hijab.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com