Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Lintasarta dan Bank Riau Kepri Perluas Layanan Perbankan

Kompas.com - 08/02/2018, 15:16 WIB
Josephus Primus

Editor

PEKANBARU, KOMPAS.com - Layanan perbankan di Indonesia, menurut Bank Indonesia pada laman bi.go.id salah satunya dilakukan melalui layanan kas keliling. Layanan jenis ini juga menyentuh daerah-daerah pelosok di seluruh Indonesia.

Bank Riau Kepri sebagai lembaga keuangan yang menyediakan jasa perbankan juga menjalankan layanan kas keliling untuk menjangkau, khususnya, masyarakat di dua provinsi yakni Riau dan Kepulauan Riau.

Tercatat, bank yang mengalami perubahan nama pada 26 April 2010 dari Bank Riau menjadi Bank Riau Kepri mesti melayani sekitar 7 juta penduduk Provinsi Riau dan sekitar 2 juta penduduk Provinsi Kepulauan Riau.

Luas Provinsi Riau adalah sekitar 88.000 kilometer persegi. Sementara, luas Provinsi Kepulauan Riau adalah 8.200 kilometer persegi. dari jumlah itu, 96 persen dari luas Provinsi Kepulauan Riau adalah perairan.

Solusi

Sementara itu, menurut catatan rilis yang diterima Kompas.com pada Rabu kemarin, Lintasarta menjalin kerja sama dengan Bank Riau Kepri untuk menjadikan otobanking atau layanan kas keliling menggunakan mobil sebagai solusi. Realisasi itu adalah pengadaan sepuluh mobil unit otobanking. "Ini salah satu inisiatif yang dilakukan," kata Business Director Lintasarta, Alfi Asman.

Solusi ini memastikan jarak tempuh dan ketersediaan fasilitas perbankan tidak lagi menjadi kendala berarti, bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan perbankan. Teknologi otobanking ini akan membantu masyarakat di wilayah pelosok untuk membuat rekening, mengajukan pinjaman, dan melakukan transaksi antarnasabah.

"Penggunaan VSAT Nomadic memungkinkan kendaraan menjadi layaknya kantor kas bank, termasuk di dalamnya fungsi ATM, customer service dan teller bank. Semua teknologi ini akan sangat bermanfaat karena dapat menjangkau wilayah-wailayah yang sulit dijangkau,” kata Alfi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com