Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Aman, Kereta Bandara Kembali Diizinkan Beroperasi

Kompas.com - 08/02/2018, 21:33 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Bandara Soekarno-Hatta kembali diizinkan beroperasi setelah jalur yang sebelumnya mengalami longsor selesai diperiksa dan diuji keamanannya.

Pengujian keamanan yang dimaksud dilakukan pada Kamis (8/2/2018) ini oleh tim teknis PT KAI bersama konsultan independen. Pengujian itu menggunakan lokomotif dan rangkaian gerbong kereta Bandara.

"Hasil uji coba dan kajian teknis oleh konsultan independen hari ini menyatakan bahwa jalur telah bisa dilalui, maka malam ini Kereta Bandara beroperasi kembali," terang Direktur Utama PT Railink, Heru Kuswanto melalui keterangan resminya.

Dari hasil uji coba diketahui jalur bisa dilalui sesuai perjalanan Kereta dengan pembatasan kecepatan sementara. Pembatasan kecepatan dimaksudkan utk mengamankan perjalanan Kereta dan pekerjaan perbaikan pada lokasi longsor.

Pembatasan kecepatan hanya sekitar 100 meter pada jalur yang berdekatan dengan titik longsor sehingga tidak berpengaruh terhadap waktu tempuh Kereta Bandara Soekarno Hatta.

Mulai hari ini, Kereta Bandara Soekarno- Hatta operasional pukul 19:51 wib untuk relasi Stasiun Sudirman Baru (BNI City) - Stasiun Batu Ceper - Stasiun Bandara Soekarno Hatta dan pukul 20:40 wib untuk relasi Stasiun Bandara Soekarno Hatta -Stasiun Batu Ceper - Stasiun Sudirman Baru (BNI City).

Untuk selanjutnya, Kereta Bandara akan beroperasi normal dan sesuai dengan jadwal perjalanan yang berlaku.

Sebelumnya, pada Senin , 05 Februari 2018 pukul 18:10 WIB telah terjadi longsoran tanah di underpass parimeter KM 8+6/7 jalur Bandara Soekarno-Hatta (Basoetta) - Batuceper akibat curah hujan yang tinggi.

Longsoran ini juga berimbas pada diberhentikannya sementara perjalanan KA Bandara Soekarno- Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com