Tarif Listrik akan Naik? Jalankan Trik Ini Supaya Kantong Tetap Aman

Kompas.com - 09/02/2018, 10:30 WIB
Ilustrasi dompet SHUTTERSTOCKIlustrasi dompet

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, masyarakat dihebohkan oleh kasak kusuk rencana kenaikan tarif listrik. Pangkalnya adalah tren kenaikan harga batubara dunia yang mulai membuat gelisah PT PLN (Persero) selaku operator setrum negara.

Harga batubara yang melonjak naik bisa memengaruhi biaya produksi listrik PLN sehingga membuat harga listrik yang berlaku saat ini tidak lagi menguntungkan.

Maka itu, bila dalam waktu berkepanjangan harga batubara terus melesat naik, kemungkinan besar tarif setrum akan naik di tahun 2018 ini.

Anda mungkin satu dari banyak orang yang cukup gusar mendengar rencana kenaikan tarif listrik ini. Hal yang wajar mengingat listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok semua kalangan masyarakat.

Baca juga : Tahun Depan, Tarif Listrik Naik atau Turun?

Kenaikan tarif listrik berarti semakin besar alokasi penghasilan yang perlu Anda keluarkan untuk menutup kebutuhan sumber energi listrik.

Semoga saja rencana kenaikan listrik itu tidak sampai terealisasi. Kendati begitu, tidak ada salahnya bila Anda mulai membiasakan diri untuk lebih hemat dan cermat dalam mengonsumsi daya listrik.

Dengan begitu, ketika kelak tarif listrik naik, Anda tidak perlu kaget lagi menyesuaikan gaya hidup.

Bagaimana trik menghemat pengeluaran listrik yang efektif? Simak trik penting dari HaloMoney.co.id berikut ini:

1.Selalu matikan lampu yang sudah tidak digunakan

Ini tips sederhana namun banyak diremehkan orang.  Ketika malam telah tiba dan saatnya beristirahat, lampu rumah masih terang benderang. 

Sebagai cara menghemat listrik, biasakan mematikan lampu ketika malam tiba dan sisakan beberapa saja penerangan yang penting.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X