8 Kiat agar Biaya Pernikahan Hemat tapi Resepsinya Tetap Romantis

Kompas.com - 11/02/2018, 11:30 WIB
Ilustrasi pernikahan.IST Ilustrasi pernikahan.

KOMPAS.com - Biaya nikah saat ini sudah tidak murah lagi. Di Jakarta, paling tidak Anda harus menyiapkan biaya nikah sekitar Rp 50 juta untuk undangan sekitar 300 undangan atau sekitar 500 orang undangan. Adakah cara menghemat biaya nikah?

Banyak orang menutupi kebutuhan biaya nikah dengan dua cara umum ini. Sebagian besar (sekitar 70 persen) pasangan yang akan menikah meminta bantuan dari orang tua mereka. Kemudian, sekitar 30 persen akan meminjam dana pernikahan dari bank.

Anda akan memilih yang mana? Pilihan ada di tangan Anda. Yang pasti, dana puluhan hingga ratusan juta untuk membiayai pernikahan ini akan habis dalam waktu tiga hingga empat jam di hari resepsi pernikahan.

Memang benar, hari pernikahan merupakan hari bahagia nan penting bagi setiap pasangan yang akan memulai hidup bersama sehingga nilai bisa diterima.

Namun, jika masih ada ruang untu berhemat, mengapa tidak Anda lakukan. Lihatlah komponen biaya pernikahan dengan lebih rasional sehingga biaya pernikahan benar-benar sesuai kebutuhan.

Berikut ini delapan kiat menghemat biaya pernikahan yang bisa Anda lakukan dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id.

Meski dihemat, pernikahan dijamin bisa tetap romantis, kok:

1. Membatasi jumlah tamu yang hadir

Memang sangat penting jika kita bisa mengundang seluruh keluarga dan teman-teman baik yang kita kenal. Namun jumlah tamu undangan ini sangat mempengaruhi biaya pernikahan.

Semakin banyak tamu, semakin besar biaya katering yang harus Anda siapkan.
Pada umumnya, keluarga dan pasangan pernikahan mengundang tamu minimal 500 orang. Mengapa tidak Anda kurangi hingga 250 orang saja sehingga Anda bisa menghemat biaya katering.

Dengan asumsi setiap tamu undangan membutuhkan biaya makanan sebesar Rp 50.000 per kepala, undangan sebesar 250 orang membutuhkan dana Rp 12,5 juta saja. Bandingkan jika Anda mengundang hingga 500 orang yang membutuhkan biaya hingga Rp 25 juta.

Mau menghemat dengan cara ini? Anda mesti memprioritaskan undangan untuk anggota keluarga dekat saja. Seperti paman atau bibi dari keluarga ayah dan ibu hingga teman dekat.

Bagaimana dengan teman yang belum diundang? Anda bisa ajak merayakan pernikahan di forum terbatas di waktu lain di restoran secara terbatas.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X