Kompas.com - 11/02/2018, 15:30 WIB
Ilustrasi. ISTIlustrasi.

KOMPAS.com - Menikah tentunya menajdi momen yang ditunggu bagi setiap pasangan. Namun, menikah bukanlah perkara mudah. Tidak hanya membutuhkan kesiapan mental, tapi juga finansial.

Hal ini dikarenakan biaya-biaya pernikahan, seperti pre-wedding, pesta pernikahan, hingga biaya rumah tangga bukanlah perkara mudah.

Tak heran jika masalah finansial perlu dipersiapkan dengan matang ketika ingin merencanakan pernikahan. Apalagi saat ini biaya pernikahan semakin tinggi dan sering kali menjadi menghambat pasangan-pasangan yang ingin melanjutkan ke jenjang pernikahan.

Meskipun begitu Anda tak perlu khawatir, kendala-kendala tersebut bisa diatasi dengan mulai mengelola keuangan dengan baik.

Baca juga : 8 Kiat agar Biaya Pernikahan Hemat tapi Resepsinya Tetap Romantis

 

Dengan begitu, momen pernikahan yang Anda harapkan bisa segera Anda direalisasikan. Bagi Anda yang ingin melangsungkan pernikahan tanpa pusig memikirkan dana, tips berikut harus Anda coba.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1.Rencanakan dan Rancang Konsep Pernikahan

Ketika Anda ingin melakukan sesuatu yang besar, pasti akan merencanakan dan merancang konsepnya terlebih dahulu.

Begitu juga dengan urusan pernikahan. Misalnya, kapan rencana Anda akan menikah, tempat untuk melangsungkan pernikahan, berapa banyak tamu yang akan diundang, dan lainnya.

Setelah itu, Anda bisa memulai untuk merinci biaya-biaya dari pos-pos kebutuhan tersebut. Dengan begitu, nantinya konsep pernikahan Anda akan lebih matang dan dapat berjalan sesuai rencana.

2.Susun Daftar Budget dan Biaya atau Pengeluaran untuk Pernikahan

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.