Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Bisa Beroperasi Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 12/02/2018, 07:07 WIB
Topping Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang KOMPAS.com/ACHMAD FAUZITopping Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang bakal bisa melayani penumpang saat mudik Lebaran 2018. Direncanakan operasional minimum pada bulan Mei 2018. 

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, sebenarnya pembangunan terminal baru tersebut akan selesai sepenuhnya pada bulan November 2018. 

Namun, lanjut dia, dengan percepatan pembangunan, maka operasional minimum bisa dilakukan pada bulan Mei 2018.  Syarat minimum tersebut antara lain sudah terbangun terminal penumpang, gedung parkir satu lantai, terminal kargo, masjid, gedung Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK). 

"Ini kami upayakan untuk mempercepat dan komitmen sebelum Lebaran (bisa beroperasi)," kata dia di Kawasan Bandara Ahmad Yani Semarang, Minggu (11/2/2018). 

Baca juga: Apakah Pembebasan Lahan Bandara Kulon Progo Bisa Selesai Tepat Waktu?

Terminal baru ini merupakan terminal terapung pertama di Indonesia dan mengusung konsep eco-green airport.

Faik menuturkan, pembangunan terminal baru di Bandara Ahmad Yani memang diperlukan karena, keterbatasan kapasitas daya tampung penumpang di terminal yang lama. 

Dia mengungkapkan, saat ini terminal lama Bandara Ahmad Yani hanya dapat menampung 800.000 penumpang, tetapi pada 2017 bandara tersebut telah menampung 4,4 juta penumpang. Jumlah tersebut terbukti melibihi kapasitas yang ada. 

Dengan adanya terminal baru, tambah Faik, dapat menampung penumpang hingga 6 juta penumpang.

"Kondisi keterbatasan kapasitas tersebut selain membuat penumpang tidak nyaman, juga tidak dapat menerima slot-slot penerbangan baru khususnya penerbangan internasional," tutur dia. 

Terminal baru Bandara Ahmad Yani memiliki luasan area 58.652 meter persegi, hampir sembilan kali lebih besar dibanding luasan terminal eksisting yang hanya seluas 6.708 meter persegi. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.