Restrukturisasi Awal Gagal, OJK Belum Pastikan Nasib AJB Bumiputera ke Depan

Kompas.com - 13/02/2018, 19:58 WIB
AJB Bumiputera Baihaki/KONTANAJB Bumiputera

JAKARTA, KOMPAS.com - Pascarestrukturisasi pertama gagal, nasib Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJB Bumiputera) belum juga menemukan titik terang. Sampai saat ini, belum ada kejelasan yang akan dilakukan oleh pemerintah.

Mengutip Kontan.co.id, Selasa (13/2/2018), salah satu direksi non-aktif AJB Bumiputera Ana Mustamin mengaku, pihaknya tidak dilibatkan dalam proses restrukturisasi tersebut. Ia dinyatakan non-aktif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lantaran menolak skema restrukturisasi.

Ada sejumlah alasan penolakan tersebut. Menurut Ana, seperti surat yang disampaikan direksi ke OJK jilid pertama bahwa skema restrukturisasi tidak cukup untuk dikaji, apalagi diimpelementasikan.

"Secara pribadi, analisa saya waktu itu, skema itu tidak menguntungkan AJB Bumiputera," kata Ana.

Sehingga dari awal, Ana menilai restrukturisasi yang dilakukan akan gagal. Dia bilang, hasil yang baik hanya mungkin ada jika dimulai dengan proses yang benar. Ke depan, Ana sangat berharap OJK sesegera mungkin menemukan solusi terbaik terutama dalam membela kepentingan pemegang polis.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Riswinandi mengatakan, langkah yang dilakukan oleh otoritas masih dalam tahap evaluasi sebelum melangkah ke tahap akhir proses penyelamatan.

Meski restrukturasi awal gagal, namun OJK masih akan tetap mempelajari. Saat ini, Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera masih berjualan premi lanjutan yang dilakukan oleh pemegang polis lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perihal waktu untuk kembali aktif berjualan polis baru, Riswinandi belum menegaskan sepenuhnya.

"Sabar, semua sedang kami kaji, yang terpenting kami akan terus awasi," kata Riswinandi, baru-baru ini.

Langkah ke depan, Riswinandi bilang akan ada skenario penyelamatan untuk memperbaiki Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera.

"Ini kan perusahaan besar dengan aset besar. Akan tetap ada langkah ke depan, toh mereka tidak menganggur dan sekarang masih tetap produksi berjualan," kata Riswinandi.

Berita ini diambil dari Kontan.co.id dengan judul: Skema awal gagal, OJK belum pastikan nasib AJB Bumiputera ke depan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.