Restrukturisasi AJB Bumiputera Tak Jelas, Presiden Jokowi Disomasi

Kompas.com - 14/02/2018, 06:15 WIB
AJB Bumiputera Baihaki/KONTANAJB Bumiputera

JAKARTA, KOMPAS.com - Suara-suara yang tak puas dengan proses restrukturisasi Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera terus bermunculan. Pemerintah turut dibidik.

Mengutip Kontan.co,id, Rabu (14/2/2018), sejumlah pihak yang menamakan diri Tim Advokasi Penyelamatan Bumiputera bahkan mengklaim telah mengirimkan somasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua dari Tim Advokasi Penyelamatan Bumiputera Jaka Irwanta bilang, alasan melakukan somasi terhadap Jokowi karena pemerintah dinilai punya tiga utang terhadap AJB Bumiputera yang gagal dipenuhi.

Pertama, kata dia adalah pemerintah harusnya mendukung AJB Bumiputera sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945 ayat satu yang berbunyi perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan.

Hal ini disebutnya sesuai dengan konsep asuransi mutual yang diusung AJB Bumiputera.

Namun, pemerintah disebutnya gagal menjalankan amanat tersebut dengan membiarkan AJB Bumiputera babak belur dan terkatung-katung.

Utang kedua yang dimiliki pemerintah, lanjutnya adalah gagal mengamalkan mandat UU nomor 2 tahun 1992 tentang usaha perasuransian. Di mana dalam aturan itu disebutkan bahwa harus dibuat undang-undang yang khusus mengatur asuransi mutual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Puluhan tahun berlalu, namun undang-undang asuransi mutual tak juga muncul.

Sampai pada tahun 2014 lalu, DPR mengesahkan undang-undung (UU) nomor 40 tentang perasuransian yang merupakan pembaharuan dari UU nomor 2 tahun 1992.

Kembali, dalam uu nomor 40 tersebut, aturan yang khusus mengatur asuransi mutual diharuskan untuk dibuat. Kali ini dalam bentuk peraturan pemerintah (PP).

Dari sinilah muncul utang ketiga. Jaka bilang, batas waktu pembuatan PP tersebut adalah selama enam bulan. "Tapi sampai batas waktu habis aturan turunan tersebut tak kunjung terbit," kata Jaka, Selasa (13/2).

Makanya, dia menyebut pemerintah ikut bertanggung jawab terhadap kondisi AJB Bumiputera saat ini. (Tendi Mahadi)

 


Berita ini diambil dari Kontan.co.id dengan judul: Jokowi kena somasi buntut proses restrukturisasi AJB Bumiputera

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.