"Airport Tax" Bandara Soekarno-Hatta Naik, Maskapai "Sesuaikan" Harga Tiket Pesawat

Kompas.com - 14/02/2018, 11:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) akan menaikkan menaikkan tarif pelayanan jasa penumpang udara (PJP2U) atau Passengger Service Charge (PSC) untuk penumpang domestik di Terminal I dan II Bandara Soekarno-Hatta mulai 1 Maret 2018.

Adapun, tarif PSC penerbangan domestik di Terminal I menjadi Rp 65.000 per penumpang dari sebelumnya Rp 50.000 per penumpang.

Sementara, tarif PSC penerbangan domestik di Terminal II menjadi Rp 85.000 per penumpang dari sebelumnya Rp 65.000 per penumpang.

Namun, Apakah kenaikan tersebut mempengaruhi tarif tiket dari maskapai yang beroperasi di dua terminal tersebut ikut naik?

Corporate Communication Lion Air Group, Ramaditya Handoko mengatakan, kenaikan tarif PSC juga akan ikut menaikan tarif tiket maskapai Lion Group. Namun, kenaikan tiket tersebut menyesuaikan dengan kenaikan tarif PSC.

Seperti diketahui maskapai Lion Air Group (Lion Air, Batik Air) beroperasi di Terminal IA, IB, dan IC.

"Jadi disesuaikan dengan kenaikan PSC. Misalnya kalau ke Yogyakarta Rp 500.000 dan PSC naiknya Rp 15.000, nah tiketnya jadi Rp 515.000," kata Ramaditya kepada Kompas.com, Selasa (13/2/2018).

Ramaditya juga memastikan, penumpang tidak akan dikenakan biaya kembali saat di Bandara Soekarno-Hatta. Sebab, tarif PSC tersebut telah dimasukkan ke dalam tarif tiket.

"Enggak akan naik gede (tarif tiketnya), dan enggak akan dikenakan kepada penumpang," imbuh dia.

Senior Manager Corporate Communications Sriwijaya Air Agus Sujono menegaskan, bahwa maskapai tidak akan menaikan harga tiket.

Menurut dia, harga tiket Sriwijaya Air tetap akan sama, meskipun ada kenaikan PSC di Bandara Soekarno-Hatta.

Sekadar Informasi, Sriwijaya Air juga beroperasi di Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta.

"Enggak (ada kenaikan harga tiket). Kenaikan harga tiket enggak pengaruhi harga tiket kami," tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.