Kontribusi Pasar Digital Terhadap PDB Diprediksi 10 Persen Tahun Ini

Kompas.com - 15/02/2018, 07:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Kontribusi pasar digital terhadap Produk Domestik Bruto ( PDB) Indonesia terus meningkat sejak 2016, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). Kenaikan ini karena Indonesia adalah pasar potensial ekonomi digital.

Pada 2018, kontribusi pasar digital diestimasi mencapai 10 persen, menurut riset Center for Indonesian Policy Studies (CIPS).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, pada 2016 kontribusi pasar digital terhadap PDB Indonesia adalah 3,61 persen. Pada 2017 meningkat menjadi 4 persen.

CIPS memperkirakan kontribusi pasar digital terhadap PDB antara 8 persen-10 persen tahun ini didasarkan sejumlah hal.

Baca juga : Dorong Ekonomi Digital, Alibaba Ajak UKM di Indonesia Kembangkan Bisnis

Salah satunya, adalah data Bank Indonesia pada 2017 yang menjelaskan bahwa nilai transaksi e-commerce di Indonesia yang terus meningkat dalam 4 tahun terakhir.

Kenaikan nilai transaksi e-commerce ini juga diikuti adanya peningkatan nilai transaksi pangsa e-commerce terhadap ritel yang juga terus merangkak naik dengan proyeksi 3,1 persen di tahun 2017.

Peneliti CIPS Novani Karina Putri mengatakan, hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak usaha di Indonesia yang mengandalkan sektor digital dalam melakukan jual beli baik barang maupun jasa.

"Tingginya potensi sektor ekonomi digital di Indonsia ini juga didukung dengan terjangkaunya biaya internet dan penjualan yang menjadi di Indonesia dengan aktivitas penggunaan internet yang tinggi,” jelas Novani melalui rilis.

Baca juga : Jokowi: Ekonomi Digital Bikin Peluang Bisnis Daerah Membesar

Upaya Pemerintah

Upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi digital juga tertuang dalam Paket Kebijakan Ekonomi XIV yang mana pemeritah ingin menempatkan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Pemerintah juga mendorong kreasi, inovasi dan invensi kegiatan ekonomi baru di kalangan generasi muda, dan memberikan penguatan kapasitas dan kemudahan berusaha dalam pemanfaatan e-commerce dengan target 93,4 juta pengguna internet.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X