Kompas.com - 15/02/2018, 13:53 WIB
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso di sela-sela acara Hari Ulang Tahun OJK, di halaman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Kamis (23/11/2017). KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTOKetua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso di sela-sela acara Hari Ulang Tahun OJK, di halaman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Kamis (23/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah menyiapkan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) untuk segera beroperasi lagi setelah sebelumnya menjalani proses restrukturisasi.

Proses restrukturisasi dilakukan oleh Pengelola Statuter yang ditunjuk oleh OJK karena kinerja keuangan AJBB terpuruk dalam beberapa tahun terakhir.

"Kami sedang siapkan perangkat agar AJBB segera bisa membuka kembali operasinya dengan mulai menjual produk-produk," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso saat ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2018).

Baca juga : Restrukturisasi AJB Bumiputera Tak Jelas, Presiden Jokowi Disomasi

Kinerja keuangan AJBB disebut memburuk lantaran penerimaan dari premi tidak bisa menutup kewajiban mereka terhadap pemegang polis asuransi.

Meski telah ditempuh langkah restrukturisasi oleh OJK melalui Pengelola Statuter, pada akhirnya Wimboh mengakui bahwa langkah tersebut tidak berjalan mulus.

"Berdasarkan evaluasi, program penyehatan AJBB sebelumnya tidak dapat berjalan sesuai yang diharapkan, sehingga harus dilakukan program penyehatan yang komprehensif," tutur Wimboh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun program penyehatan atau langkah penyelamatan AJBB yang akan ditempuh nanti mencakup perbaikan pada struktur kelembagaan berikut aturan pelaksanaannya, perbaikan pada manajemen dan sumber daya manusia, tata kelola serta manajemen risiko, pembaruan sistem teknologi informasi, hingga strategi dan saluran distribusi pemasaran.

Baca juga : Restrukturisasi Awal Gagal, OJK Belum Pastikan Nasib AJB Bumiputera ke Depan

Kompas TV Otoritas Jasa Keuangan telah merilis aturan bagi pegadaian swasta.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.