Kemenhub Lakukan "Ramp Check" Maskapai, Pesawat dan Pilot Jelang Imlek - Kompas.com

Kemenhub Lakukan "Ramp Check" Maskapai, Pesawat dan Pilot Jelang Imlek

Kompas.com - 15/02/2018, 14:42 WIB
Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso saat meninjau Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Kamis (15/2/2018)KOMPAS.com/Yoga Hastyadi Widiartanto Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso saat meninjau Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Kamis (15/2/2018)

TANGERANG, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) telah melakukan ramp check atau pengecekan operasional maskapai, pesawat dan pilot, menjelang hari raya Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Jumat (16/2/2018).

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan ramp check tersebut dilakukan untuk memastikan kelaikan pesawat serta maskapai sebelum melakukan penerbangan. Utamanya demi menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan.

"Dari ramp check kami hanya ada minor findings, jadi tidak ada yang mengganggu keamanan," terangnya saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (15/2/2018).

"Kalau ada yang berpengaruh pada keamanan naka kami langsung minta diperbaiki sebelum melakukan penerbangan. Ramp check ini jalan terus," imbuhnya.

Baca juga : Libur Natal-Tahun Baru, Kemenhub Gelar Ramp Check dan Tambah Kapal

Adapun, menurut Agus, selama 14 hari dari 9 hingga 22 Februari 2018 instansi yang dipimpinnya telah mengeluarkan 275 izin untuk penerbangan tambahan.

Lebih rincinya, total penerbangan tambahan domestik adalah 217 kali penerbangan. Sebanyak 205 merupakan penerbangan penumpang, dan 12 merupakan kargo.

Maskapai yang mendapatkan slot tambahan ini adalah Batik, Citilink, Garuda Indonesia, Indonesia AirAsia, Indonesia AirAsia Extra, Lion, Sriwijaya, Travel, Wings, dan Tri MG Intra Asia Airlines.

Sedangkan total tambahan penerbangan internasional adalah 58 penerbangan. Sebanyak 51 di antaranya merupakan penerbangan penumpang, dan 7 sisanya merupakan kargo.

Baca juga : AP II Beri Diskon untuk Maskapai yang Operasikan Penerbangan Tambahan

Maskapai yang mendapatkan slot penerbangan internasional tersebut adalah Jetstar, Sriwijaya, Saudi Arabian, Turkish,  My Indo, dan  Tri MG Intra Asia airlines.

Kompas TV Angkasa Pura II menaikkan pajak bandara dengan alasan meningkatkan fasilitas dan mutu pelayanan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar
Close Ads X