China Masih Jadi Mitra Dagang Utama Indonesia

Kompas.com - 15/02/2018, 15:05 WIB
Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto bersama jajaran menyampaikan rilis data ekspor-impor, perkembangan upah buruh, dan nilai tukar eceran rupiah di kantor pusat BPS, Senin (15/1/2018). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto bersama jajaran menyampaikan rilis data ekspor-impor, perkembangan upah buruh, dan nilai tukar eceran rupiah di kantor pusat BPS, Senin (15/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik ( BPS) melaporkan, China masih menjadi mitra perdagangan utama Indonesia. Ini terbukti dari negara tujuan ekspor dan impor Indonesia yang masih dipimpin oleh China.

Pada Januari 2018, ekspor nonmigas Indonesia ke China tercatat sebesar 1,919 miliar dollar AS. Sementara itu, impor nonmigas China ke Indonesia pada Januari 2018 tercatat sebesar 3,758 miliar dollar AS.

"China masih menjadi negara tujuan utama ekspor Indonesia," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Ekspor terbesar produk Indonesia ke China pada Januari 2018 antara lain bahan bakar mineral, minyak mineral, lemak dan minyak nabatai atau hewani, besi dan baja, serta pulp dari kayu atau bahan selulosa. Selain itu, Indonesia juga mengekspor karet dan barang dari karet, bijih, kerak, dan abu logam, serta produk kimia.

Baca juga: Ancaman Pengangguran, China Janji Ciptakan Jutaan Lapangan Kerja

Sementara itu, Indonesia mengimpor antara lain mesin dan peralatan listrik mesin atau pesawat mekanik, serta plastik dan barang dari plastik dari China.

Selain China, negara tujuan ekspor Indonesia antara lain Amerika Serikat sebesar 1,54 miliar dollar AS dan Jepang sebesar 1,385 miliar dollar AS. Peran ekspor Indonesia ke China, AS, dan Jepang mencapai 36,81 persen.

China pun masih menjadi negara asal impor terbesar Indonesia dengan peran mencapai 28,94 persen. Selain itu, negara asal impor terbesar lainnya adalah Korea Selatan, Taiwan, dan Jerman.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X