Kemenhub Akan Siapkan Sediakan Tempat Istirahat Berkasur untuk Sopir - Kompas.com

Kemenhub Akan Siapkan Sediakan Tempat Istirahat Berkasur untuk Sopir

Kompas.com - 15/02/2018, 15:44 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi SetiyadiKOMPAS.com/ACHMAD FAUZI Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi

SUBANG, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) berencana menyiapkan tempat peristirahatan khusus untuk sopir bus di lokasi-lokasi wisata. 

Untuk menyiapkan tempat tersebut, Kemenhub akan menggandeng Kementerian Pariwisata Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia ( PHRI). 

"Kami akan menjajaki kerja sama dengan Kemenpar dan PHRI. Saya akan mengimbau kepada semua lokasi wisata yang banyak mendatangkan bus besar atau elf diharapkan ada lokasi untuk istirahat pengemudi," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Kawasan Tanjakan Aman, Subang (15/2/2018). 

Budi menyebutkan, tempat peristirahatan yang disediakan nantinya dilengkapi kasur agar bisa digunakan para sopir untuk beristirahat tidur. 

Baca juga: Pentingnya Memerhatikan Kondisi Fisik Sopir Bus Pariwisata

"Ini (tempat istirahat) bukan hanya bangunan kosong, tetapi minimal  pengemudi bisa tidur. Bukan tempat untuk minum kopi, ngobrol-ngobrol, tetapi tidur," kata dia. 

"Jadi setelah mengantarkan rombongannya dia (sopir) istirahat tidur, sehingga ada waktu me-refresh kembali. Dan kita harapkan pas kembali dengan kondisi baik," tambah dia. 

Sebelumnya, pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi indonesia (MTI) Djoko Setijowarno meminta pemerintah memperhatikan tempat istirahat bagi para sopir bus di tempat pariwisata. 

Menurut dia, sopir bus pariwisata sering kurang istirahat sehingga membuat mereka mudah mengantuk. 

Tempat sopir-sopir tersebut beristirahat juga sering kali tidak laik, karean mereka beristirahat di tempat yang seadanya saja seperti ruang bagai bus hingga di lapangan terbukahanya beralaskan tikar tipis.

Kompas TV 13 dari total 16 korban kecelakaan maut di Tanjakan Emen yang selamat kini masih dirawat di RSUD Tangerang Selatan.


Komentar
Close Ads X