Asosiasi UKM: Gubernur BI Baru Harus Punya Pengaruh Internasional

Kompas.com - 18/02/2018, 10:35 WIB
Ilustrasi Gedung Bank Indonesia. Kompas.com/Robertus BelarminusIlustrasi Gedung Bank Indonesia.

KOMPAS.com - Asosiasi Usaha Kecil dan Menengah Indonesia (Akumindo) menyatakan sejumlah kriteria yagn sebaiknya dimiliki oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) pengganti Agus Martowardojo.

Ketua Umum Akumindo, M. Ikhsan Ingratubun menjelaskan lebih rinci, Gubernur BI nanti mesti memiliki pengaruh kuat secara global maupun regional Asia. Sehingga bisa mendalami berbagai hal makro maupun mikro di kawasan.

Selain itu, dia bukanlah orang keuangan yang kemampuan utamanya pada persoalan memanfaatkan, mengelola serta mengeluarkan. Namun mesti memiliki kemampuan bidang treasury.

"Basic-nya harus treasury yang bisa menciptakan peluang dan memanfaatkannya," ujar Ikhsan dalam keterangan resminya, Minggu (18/2/2018).

Baca juga : Masuk Bursa Calon Gubernur BI, Begini Respons Bambang Brodjonegoro

Harapannya, Gubernur BI yang memiliki kemampuan bidang treasury bisa mengintervensi rupiah sehingga tidak terpuruk.

Kriteria lainya adalah Gubernur BI baru mesti sanggup menciptakan dan membela UKM. Misalnya dengan memastikan para pelaku usaha tersebut bisa memperoleh kredit bank dengan mudah, tanpa jaminan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"(Apalagi) terbukti bantuan Bank Dunia untuk UKM, senilai 40 juta dollar AS (setara Rp 542 miliar) belum terserap dengan pola yang jelas," pungkasnya.

Sebelumnya, informasi mengenai calon Gubernur BI baru dilontarkan oleh Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi. Dia mengatakan bahwa ada empat nama calon gubernur Bank Indonesia yang telah diserahkan ke meja Presiden Joko Widodo.

Baca juga : Ini Kriteria Gubernur BI Versi Presiden Jokowi

Adapun empat nama itu adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang P.S. Brodjonegoro; mantan Menteri Keuangan periode 2013-2014, Muhammad Chatib Basri; Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo; dan Gubernur BI saat ini, Agus Martowardoyo.

Nama-nama calon tersebut juga sudah dibahas oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun, sampai saat ini belum diputuskan.

Kompas TV Presiden Joko Widodo hingga kini belum mengajukan nama kandidat pengganti Gubernur Bank Indonesia yang akan berakhir tahun ini.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.