Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Pekerjaan Umum: Lihat GBK Rusak, Saya Sedih Sekali...

Kompas.com - 19/02/2018, 18:25 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengaku sedih lihat Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) rusak akibat ulah suporter yang menonton final Piala Presiden 2018 pada Sabtu (17/2/2018) lalu.

Basuki sempat meninjau langsung ke lokasi untuk melihat seberapa parah kerusakannya pada Senin (19/2/2018) pagi tadi.

"Waktu itu saya lihat, sedih sekali. Bukan apa-apa, kami ini tidak percaya bisa merenovasi GBK keseluruhan dalam waktu singkat. Kok dirusak, saya merasa sedih sekali," kata Basuki saat ditemui pewarta di kantornya, Senin sore.

Baca juga : Fasilitas di GBK Rusak, Panitia Piala Presiden Akan Tempuh Jalur Hukum

Basuki menceritakan, saat Piala Presiden 2018 digelar, dia sedang berada di Yogyakarta. Informasi mengenai kerusakan SUGBK hanya bisa dilihat sementara oleh Basuki saat itu melalui foto dan video yang ramai diunggah di media sosial.

"Kalau kerusakan, saya memang kemarin pas di Yogya, saya lihat di medsos kan ngeri. Kayaknya kayak gimana gitu," tutur Basuki.

Namun, setelah Basuki melihat langsung kondisinya seperti apa, dia memastikan tidak separah seperti yang digambarkan di media sosial.

Dari peristiwa tersebut, Basuki mewakili Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan berkoordinasi dengan lembaga dan kementerian terkait untuk mengantisipasi hal serupa terulang di kemudian hari.

Baca juga : Rusuh Suporter Piala Presiden Memaksa Masuk Stadion GBK Terekam CCTV

Adapun perjuangan dan upaya untuk merenovasi SUGBK disebut tidak main-main. Bahkan, hal itu dilakukan dalam rangka meyakinkan Olympic Council of Asia (OCA) bahwa Indonesia mampu memiliki stadion bertaraf internasional, di mana sebelumnya OCA tidak percaya renovasi bisa rampung jelang Asian Games 2018.

Kompas TV Salah satu fasilitas yang mengalami kerusakan adalah pintu masuk 5, Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com