Perusahaan Sawit dan Batu Bara Anggota Apindo Segera IPO

Kompas.com - 20/02/2018, 15:39 WIB
Ilustrasi: Pekerja menaikkan tandan buah segar sawit ke truk. KOMPAS/IWAN SETIYAWANIlustrasi: Pekerja menaikkan tandan buah segar sawit ke truk.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia ( Apindo) Hariyadi Sukamdani menjelaskan, ada dua perusahaan anggotanya yang akan melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada tahun 2018 ini.

Meskipun demikian, ia tidak merinci identitas perusahaan tersebut.

Yang pasti, imbuh Hariyadi, keduanya bergerak di bidang komoditas. Salah satu perusahaan bergerak di sektor kelapa sawit, sementara perusahaan lainnya bergerak di bisnis batu bara.

"Yang batu bara bulan Juni, kelapa sawit di Agustus, kuartal III 2018. Mereka akan listing," ujar Hariyadi di Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Baca juga : Apindo Sebut Anggotanya Bakal Banyak yang Melantai di Bursa

Selain kedua perusahaan tersebut, ada pula sebanyak lima perusahaan sedang mempertimbangkan untuk juga melantai di bursa.

Kelima perusahaan tersebut sedang melakukan pembenahan di sisi adminitrasi dan legalitas.

Hariyadi menjelaskan, dari lima perusahaan tersebut, sebanyak tiga perusahaan berkantor pusat di Jakarta. Sementara itu, dua perusahaan lainnya berasal dari luar Jakarta.

"Insya Allah di tahun ini. Mereka sedang mempertimbangkan," jelas Hariyadi.

Baca juga : Transparansi Jadi Hambatan Perusahaan Melantai di Bursa

Ia menjelaskan, pihaknya melakukan sosialisasi kepada para anggota mengenai peluang untuk melakukan IPO di BEI.

Sebab, saat ini merupakan momentum yang bagus untuk melakukan IPO, sejalan dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mengalami tren penguatan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X