Kompas.com - 21/02/2018, 08:00 WIB
PT Campina Ice Cream Industry Tbk resmi melantai di bursa KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIPT Campina Ice Cream Industry Tbk resmi melantai di bursa

KOMPAS.com - Perusahaan produsen es krim PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP) menggunakan dana initial public offering (IPO) untuk melunasi utang pokok sebesar Rp 260 miliar kepada Swiss Life Pte Ltd. 

Dengan dana IPO, Campina juga membayar bunga pinjaman Rp 9,63 miliar menggunakan kas internal. Utang dengan tingkat bunga 14,5 persen per tahun tersebut baru jatuh tempo pada 23 Maret 2020.

Per 30 Juni 2017, Campina memiliki debt to earning ratio 93,40 persen dan debt to assets ratio sebesar 48,38 persen.

"Pelaksanaan transaksi ini menghapus saldo utang jangka panjang perusahaan," kata Samudera Prawirawidjaja, Direktur Utama CAMP, dalam keterbukaan informasi, Senin (19/2/2018).

Baca juga : Campina: Es Krim Harga di Bawah Rp 5.000 Paling Diminati

Setelah pelaksanaan transaksi pembayaran utang tersebut, saldo dana IPO emiten produsen es krim ini tersisa Rp 27,33 miliar. Sisa dana tersebut akan digunakan untuk modal kerja perusahaan.

"Di antaranya untuk perluasan ekspansi dan pembelian alat distribusi," ujar Adji Andjono Purwo, Direktur Pemasaran CAMP kepada KONTAN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rencana Kerja 2018

Adji mengaku, saat ini sedang menggodok rencana penambahan pabrik baru. Ada beberapa kriteria lokasi yang dipertimbangkan.

Di antaranya, lokasi pabrik harus dekat dengan sumber air. "Harga tanah dan hubungan industrial yang kondusif juga dipertimbangkan," lanjut dia.

Tahun ini, CAMP berharap bisa membukukan pendapatan di atas Rp 1 triliun. Pasalnya, ada sejumlah sentimen positif yang bisa terjadi pada 2018.

Halaman:


Sumber

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.