Anggarkan Rp 18,8 Triliun, AP I Fokus Tingkatkan Kapasitas Bandara - Kompas.com

Anggarkan Rp 18,8 Triliun, AP I Fokus Tingkatkan Kapasitas Bandara

Kompas.com - 21/02/2018, 15:43 WIB
Direktur Utama Angkasa Pura I (AP I) Faik Fahmi di Jakarta, Rabu (21/2/2018)KOMPAS.com/ACHMAD FAUZI Direktur Utama Angkasa Pura I (AP I) Faik Fahmi di Jakarta, Rabu (21/2/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) ( AP I) menganggarkan belanja modal pada tahun 2018 sebesar Rp 18,8 triliun. Jumlah tersebut, naik lebih dari setengah belanja modal tahun lalu yang sebesar Rp 8 triliun. 

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, anggaran tersebut akan digunakan perseroan untuk fokus meningkatkan kapasitas di 9 bandara yang dikelola.

Adapun bandara yang ditingkatkan kapasitasnya, antara lain, Bandara Ahmad Yani Semarang dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. 

"Dari 13 bandara yang dikelola semua persoalannya kan sama kekurangan kapasitas. Jadi jumlah penumpang dengan kapasitas bandara tidak sesuai. Ini yang kita fokus kembangkan," ujar Faik saat ditemui di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (21/2/2018). 

Baca juga: AP I: 13 Persen Slot Penerbangan Maskapai Nganggur Selama Setahun

Selain itu, lanjut Faik, perseroan juga akan memperluas tempat parkir pesawat atau apron Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar. Dengan begitu, bandara tersebut bisa menampung pesawat lebih banyak. 

Hingga saat ini, Bandara I Gusti Ngurah Rai memiliki daya tampung 37 parking stand untuk pesawat berbadan lebar dan 16 parking stand untuk pesawat berbadan kecil.

"Ini kan buat IMF, Juni sudah mulai siap," ucap dia.

Terkait dengan sumber pendanaan, Faik menuturkan belanja modal tersebut berasal dari dana internal dan obligasi yang akan dikeluarkan perusahaan. 

Dengan adanya penambahan kapasitas tersebut, Faik menargetkan jumlah penumpang pada tahun 2018 mencapai 99 juta penumpang atau naik sekitar 10 persen dari tahun 2017 sebanyak 89 juta penumpang.


Komentar
Close Ads X