Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangunan Megah PLBN Entikong Bikin Malaysia Kagum

Kompas.com - 23/02/2018, 22:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

SANGGAU, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Kalimantan Barat, Jumat (23/2/2018). Salah satu obyek yang dikunjungi Budi adalah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Di PLBN Entikong, Budi melakukan pengecekan terkait arus imigrasi penumpang dari dan ke Malaysia. Selain itu, Budi juga berdialog dengan sejumlah pejabat dan karyawan di lingkungan PLBN Entikong, antara lain pegawai dari jajaran Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Imigrasi, dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

Dalam kesempatan tersebut, disebutkan bahwa bangunan PLBN Entikong yang megah dan modern kerap membuat warga Malaysia takjub. Hal ini tidak mengherankan, sebab bangunan pos lintas batas Malaysia tidak semodern PLBN Entikong dan kondisinya pun sangat sederhana.

Meskipun demikian, jalan lintas batas baik untuk penumpang dan barang di wilayah Malaysia dalam kondisi yang sangat baik. Selain itu, Malaysia pun telah memiliki terminal barang atau dry port Tebedu yang lokasinya tak jauh dari pos lintas batasnya.

Baca juga: Bus Damri Pontianak-Kuching Sepi Penumpang, Menhub Ingin Tarif Diturunkan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan Timbalan Ketua Setiausaha Pengurusan Kementerian Dalam Netgeri Malaysia Dato Haji Wan Ali Bin Besar di PLBN Entikong, Kalimantan Barat, Jumat (23/2/2018). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan Timbalan Ketua Setiausaha Pengurusan Kementerian Dalam Netgeri Malaysia Dato Haji Wan Ali Bin Besar di PLBN Entikong, Kalimantan Barat, Jumat (23/2/2018).
"Wakil Perdana Menteri Malaysia pernah ke lintas batas ini, beliau kagum lihat bangunan kita," kata seorang pegawai Imigrasi di PLBN Entikong.

Beberapa waktu kemudian, secara tidak sengaja pun PLBN Entikong kedatangan pejabat Malaysia, yakni Dato' Haji Wan Ali Bin Besar, Timbalan Ketua Setiausaha (Pengurusan) Kementerian Dalam Negeri Malaysia. Ia datang bersama sejumlah pejabat dan pegawai.

Pantauan Kompas.com, sejumlah pegawai sipil Malaysia melakukan swafoto dengan latar belakang bangunan PLBN Entikong dan lambang Garuda berukuran besar yang ada di sisi depan bangunan.

Wan Ali pun menyatakan Malaysia akan membangun bangunan pos lintas batas yang kondisinya sangat baik pula. Dengan demikian, proses lalu lintas manusia dan barang dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Malaysia akan bangun bangunan lintas batas yang bagus," ujar Budi.

Kompas TV Kemenhub dan pengelola bandara terus berkoordinasi untuk menekan angka delay.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com