Mau Punya Busana Batik Kesayangan Sri Mulyani? Begini Caranya

Kompas.com - 26/02/2018, 10:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan menggelar pelelangan barang-barang pribadi milik pejabat tinggi negara dan pimpinan BUMN. Lelang dilakukan pada Rabu (28/2/2018) di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Menteri yang ikut menawarkan barang pribadinya untuk dilelang adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri BUMN Rini M Soemarno. Keduanya melelang busana batik miliknya yang beberapa terlihat dikenakan dalam sejumlah kesempatan.

Dalam katalog lelang, disebutkan bahwa Sri Mulyani melelang busana batik tulis lengan panjang bermotif floral dan bermerek Nena. Busana tersebut berukuran M dan dalam kondisi baik.

"Baju batik ini merupakan kesayangan Sri Mulyani dan sering dipakai selama beliau menjalankan tugasnya sebagai Menteri Keuangan," demikian penjelasan dalam katalog produk lelang seperti dikutip, Senin (26/2/2018).

Baca juga: Jusuf Kalla Lelang Sepatu hingga Dasi, Mufidah Lepas Koleksi Kain

Nilai limit busana batik tersebut adalah Rp 5 juta dengan uang jaminan Rp 2 juta. Untuk memiliki busana batik kesayangan Sri Mulyani tersebut, Anda dapat melakukan penawaran secara e-auction tanpa perlu hadir saat pelelangan.

Caranya, ajukan minat secara tertulis melalui internet. Penyetoran uang jaminan dengan menggunakan virtual account pada laman www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id.

Adapun Rini melelang busana batik lengan panjang miliknya. Busana tersebut adalah batik tulis rancangan Obin dengan motif parang berbahan sutra halus.

Busana itu berukuran S berwarna cokelat dan dalam kondisi sangat baik. Rini mengenakan busana batik tersebut saat pelantikan dirinya sebagai menteri di Kabinet Kerja.

Sama seperti busana batik Sri Mulyani, busana batik milik Rini dibanderol dengan nilai limit Rp 5 juta dan uang jaminan Rp 2 juta. Bedanya, lelang dilakukan secara konvensional atau hadir langsung.

Caranya adalah penawar langsung menyebut harga secara lisan dan hadir langsung. Penyetoran uang jaminan dilakukan dengan tunai atau transfer melalui bendahara penerimaan KPKNL.

Pelelangan dilakukan pada Rabu (28/2/2018) mendatang di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. Proses lelang diketahui dimulai pada pukul 10.00.

Meski demikian, Anda yang berminat membeli barang-barang koleksi pribadi para pejabat tinggi negara dan bos-bos BUMN ini bisa terlebih dahulu melihat-lihat barang tersebut dengan hadir dalam open house. Open house dilakukan pada sehari sebelumnya, yakni Selasa (27/2/2018) pukul 09.00-16.00.

Kompas TV Menteri Keuangan Sri Mulyani menerima penghargaan sebagai menteri terbaik di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.