Satu Rangkaian Gerbong LRT Buatan INKA Mampu Angkut 300 orang

Kompas.com - 26/02/2018, 17:50 WIB
Pengendara melintas di samping lokasi pembangunan Light Rail Transit (LRT) Cawang-Pancoran di Jakarta, Sabtu (24/2/2018). Progres proyek pembangunan kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) tahap I yang meliputi relasi Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang dan Cawang-Dukuh Atas secara keseluruhan mencapai 20 persen dan ditargetkan selesai pada 2019. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPengendara melintas di samping lokasi pembangunan Light Rail Transit (LRT) Cawang-Pancoran di Jakarta, Sabtu (24/2/2018). Progres proyek pembangunan kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) tahap I yang meliputi relasi Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang dan Cawang-Dukuh Atas secara keseluruhan mencapai 20 persen dan ditargetkan selesai pada 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Industri Kereta Api (Persero) (INKA) ditunjuk untuk membuat rangkaian kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

Terkait dengan penunjukan tersebut, Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro mengungkapkan satu rangkaian LRT terdapat enam gerbong kereta, yang mampu mengangkut 300 orang.

(Baca: Buat 31 Trainset LRT Jabodebek, PT Inka Targetkan 15 Bulan)

"Jadi ada enam (gerbong) kereta satu rangkaian. Itu tidak kepanjangan. Normalnya bisa mengangkut sekitar 300 orang. Spesifikasinya 8 orang per meter," ucap Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro, saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Senin (25/2/2018).

Menurut Budi, nantinya terdapat 31 rangkaian kereta yang dibuat PT INKA untuk LRT Jabodebek. Pengiriman rangkaian kereta akan dilakukan secara bertahap. 

"Bertahap. Pertama empat rangkaian kereta dulu dan bulan Mei 2019 (pengiriman rangkaian keretanya)," jelas dia. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan rangkaian kereta LRT Jabodebek akan dipasok dari PT Inka. "Semua (rangkaian kereta) dari INKA," kata Luhut. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Atas penugasan tersebut, PT Inka menargetkan penyelesaian pengerjaan rangkaian kereta LRT Jabodebek selama 15 bulan. Adapun anggaran yang dikeluarkan untuk rangkaian kereta LRT Jabodebek sebesar Rp 4,05 triliun.

Hingga saat ini juga, pembangunan LRT Jabodebek untuk tahap 1 mencapai 32,83 persen. Rinciannya, untuk lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur mencapai 56,42 persen, lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas. 16,01 persen dan lintas pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur 27,36 persen.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.