Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian Pertanian: Lahan Sawit Indonesia Capai 14,03 Juta Hektare

Kompas.com - 26/02/2018, 20:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kemtan) mengatakan, lahan sawit Indonesia yang tercatat hingga saat ini seluas 14,03 juta hektare.

Mengutip Kontan.co.id, Senin (26/2/2018), Dirjen Perkebunan Kemtan, Bambang mengungkapkan angka tersebut bukan bertambah karena adanya penambahan lahan. Dia bilang, angka itu didapat setelah Kemtan melakukan perbaikan data.

"Dulu saya sampaikan luasan kelapa sawit kita 11,9 juta ha, setelah dirapikanm saat ini tercata 14,03 juta ha," ujar Bambang.

Menurut Bambang, dari luas lahan tersebut sekitar 5 juta ha merupakan perkebunan sawit milik rakyat. Karena itu, kegiatan replanting (peremajaan) sangat penting untuk dilakukan.

Bambang menambahkan, tingkat produksi minyak sawit Indonesia berkisar 37,8 juta ton dengan rata-rata produktivitas berkisar 3,6 ton per hektare. Dia bilang, angka tersebut masih di bawah standar.

"Masih ada potensi yang bissa dicapai. Kalau minyak sawit produktivitasnya 8-10 ton per ha, itu bisa meningkat tiga kali lipat dan kebaikan kelapa sawit akan kita gapai untuk kesejahteraan rakyat kita," kata dia.

Deputi Menko Perekonomian Bidang Pangan dan Agribisnis Musdalifah pun mengatakan, pihaknya kini sudah mengacu pada data dari Kementerian Pertanian.

 

Berita ini diambil dari Kontan.co.id dengan judul: Kemtan: Lahan sawit Indonesia capai 14,03 juta hektare

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com