OPEC: Tahun Ini, Pasar Minyak Dunia Kembali Stabil

Kompas.com - 27/02/2018, 19:00 WIB
Ilustrasi produksi minyakThinkstockphotos.com Ilustrasi produksi minyak

ABU DHABI, KOMPAS.com - Pimpinan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak ( OPEC) Suhail al-Mazrouei menyatakan, pihaknya mengekspektasikan pasar minyak dunia akan kembali stabil pada tahun 2018 ini.

Hal ini sejalan dengan kesepakatan pemangkasan produksi yang dilakukan OPEC dan sejumlah negara produsen.

"Saya optimis tahun ini kita akan mencapai keseimbangan pasar antara permintaan dan penawaran," kata al-Mazrouei seperti dikutip dari AFP, Selasa (27/2/2018).

Pada akhir tahun 2016 lalu, OPEC dan negara-negara produsen minyak lainnya sepakat untuk memangkas produksi minyak sebesar 1,8 juta barrel per hari (bph). Ini adalah upaya untuk menurunkan banjir pasokan yang menyebabkan harga minyak anjlok pada tahun 2014 silam.

Baca juga : Venezeuela Dorong OPEC Terbitkan Mata Uang Virtual

Pada bulan Januari 2018 lalu, tingkat kepatuhan pemangkasan produksi mencapai 133 persen. Menurut al-Mazrouei, ini melampaui persentase yang disyaratkan dalam kesepakatan.

Adapun pada bulan November dan Desember 2017 lalu, tingkat kepatuhan pemangkasan mencapai masing-masing 122 dan 129 persen. Sebagai dampak dari pemangkasan tersebut, harga minyak melompat hingga mencapai kisaran 70 dollar AS per barrel.

Al-Mazrouei mengungkapkan, kerja sama antara OPEC dengan negara-negara produsen minyak termasuk Rusia telah mencapai level lebih dari yang diharapkan.

Meskipun demikian, imbuh dia, sektor energi tetap membutuhkan investasi yang kuat di masa mendatang, bukan hanya oleh negara-negara kaya minyak di kawasan Timur Tengah, namun juga perusahaan-perusahaan minyak internasional.

Baca juga : OPEC dan Rusia Sepakat Perpanjang Pemangkasan Produksi Minyak

Di samping itu, permintaan minyak global hingga beberapa tahun ke depan juga masih akan meningkat.

"Kita butuh menambah 1,5 juta bph pada tahun 2040 untuk memenuhi permintaan," terang al-Mazrouei.

Kompas TV Arab Saudi Minta Indonesia Kembali gabung OPEC

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X