Iriana Jokowi dan Budi Gunawan Ikut Jual Koleksi Pribadi Lewat Lelang

Kompas.com - 28/02/2018, 12:09 WIB
Kain koleksi dari Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, yang dipamerkan dalam lelang yang diadakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2018). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAKain koleksi dari Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, yang dipamerkan dalam lelang yang diadakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan menerima koleksi pribadi dari Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, dan dari Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan untuk dilelang oleh pihaknya.

Koleksi pribadi keduanya diberikan ketika DJKN hendak melelang barang milik pejabat lain yang sebelumnya sudah diumumkan, yaitu koleksi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istri, sejumlah menteri Kabinet Kerja, serta bos BUMN.

Barang milik Iriana yang diberikan untuk lelang adalah dua kain yang belum diberikan keterangan lebih lanjut. Sedangkan Budi Gunawan memberikan sepeda merek Wilier untuk dilelang.

"Spesial terima kasih kepada Ibu Negara, Bu Iriana yang mendadak kemarin sore menyampaikan koleksi pribadi beliau," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat membuka acara lelang koleksi pribadi pejabat di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2018) siang.

Menteri yang akrab disapa Ani ini menjelaskan, pihaknya tidak mengumumkan terlebih dahulu bahwa ada koleksi dari Iriana dan Budi Gunawan karena ada mekanisme tersendiri sebelum barang bisa dilelang.

Mekanisme yang dimaksud seperti mengumumkan barang melalui katalog baru membuka penawaran.

Sehingga, kedua koleksi itu akan dimasukkan ke agenda lelang berikutnya. Adapun koleksi pribadi yang dilelang hari ini adalah dari Jusuf dan Mufidah Kalla, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Sri Mulyani sendiri, serta menteri lain dan pimpinan bank BUMN.

Hingga pukul 11.55 WIB, lelang masih berlangsung. Rentang harga barang yang dilelang mulai dari Rp 15 juta sampai Rp 1.000, dengan dua metode lelang yaitu secara langsung maupun secara elektronik.

Uang hasil lelang barang-barang tersebut akan diberikan kepada pihak penjual. Namun, beberapa di antara penjual tersebut juga sepakat uang hasil lelang akan disumbangkan bagi yayasan sosial yang dikelola oleh salah satu figur publik, Reza Rahadian.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X